Pengguna KRL naik selama libur Lebaran, KCI tambah 6 jadwal perjalanan

Jumat, 14 Mei 2021 | 18:12 WIB Sumber: Kompas.com
Pengguna KRL naik selama libur Lebaran, KCI tambah 6 jadwal perjalanan

ILUSTRASI. Sejumlah penumpang berjalan usai turun dari rangkaian kereta rel listrik (KRL) Commuterline di Stasiun KA Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.


COMMUTER LINE - BOGOR. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai Jumat (14/5) siang menambah enam jadwal perjalanan kereta. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di dalam kereta selama libur Lebaran. 

VP Corporate Secretary PT KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, di hari kedua Lebaran ini terjadi peningkatan jumlah pengguna jasa layanan kereta rel listrik (KRL). 
Hingga Jumat siang, sambung Anne, tercatat ada 70.906 penumpang KRL. Ia memprediksi jumlah penumpang akan terus bertambah. 

"Sementara pada hari lebaran pertama kemarin total jumlah pengguna jasa KRL Commuter Line sepanjang hari itu mencapai 226.767 penumpang," kata Anne. 

Selain menambah jadwal perjalanan KRL, PT KCI juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap penumpang. Ia berjanji akan melakukan perbaikan dalam mengatur penumpang, sebab pihaknya sempat kesulitan menerapkan protokol kesehatan selama libur Lebaran ini. 

Baca Juga: Selama libur Idul Fitri 12-15 Mei, KRL Jabodetabek beroperasi pukul 04.00-20.00 WIB

"Petugas akan tegas mengatur penggunaan masker sesuai aturan dan mengupayakan jaga jarak di antara para pengguna," ujar dia. 

"Penambahan petugas juga dilakukan di sejumlah stasiun yang berpotensi padat antara lain Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi," bebernya. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam tinjauannya ke Stasiun Manggarai, Jumat pagi menyebutkan, terjadi penumpukan penumpang di gerbong KRL yang dikelola PT Kereta Commuter Indonesia (KCI ). 

Menurut dia, PT KCI tidak profesional dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, khususnya dalam hal pengaturan jarak dan pemeriksaan antigen secara acak. 
"Saya menilai PT KCI tidak profesional, sehingga terjadi penumpukan penumpang kereta api dan ini sangat tidak kita harapkan," kata Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pengguna KRL Naik Selama Libur Lebaran, KCI Tambah 6 Jadwal Perjalanan"

Penulis : Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
Editor : Egidius Patnistik

Selanjutnya: Penumpang KRL diproyeksi capai 400.000 akhir pekan ini, Menhub minta prokes dipatuhi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru