Penjelasan Wagub Riza Patria soal rusun Pasar Rumput jadi tempat isolasi

Jumat, 25 Juni 2021 | 18:10 WIB Sumber: Kompas.com
Penjelasan Wagub Riza Patria soal rusun Pasar Rumput jadi tempat isolasi

ILUSTRASI. Seorang warga menuruni anak tangga di kompleks Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta,


COVID-19 - JAKARTA. Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PD Pasar Jaya akan menyiapkan pembatas antara kegiatan ekonomi di pasar dengan gedung isolasi pasien COVID-19 di Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan yang lokasinya berdampingan.

"Di sini diatur Dirut nanti Pak Arief (Dirut PD Pasar Jaya) akan mengatur, ada pasar tentu tidak terhubung secara langsung, artinya tidak mengganggu," kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria ketika meninjau Rusun Pasar Rumput di Jakarta Selatan, Jumat (25/6/2021).

Menurut dia, akan disiapkan pengaturan untuk akses keluar masuk agar steril dan terjaga sehingga tidak saling mengganggu satu sama lain. Pihaknya juga tidak berencana melakukan relokasi para pedagang di pasar tersebut.

"Pasar tidak perlu direlokasi cukup disediakan pembatas," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Sejak awal dibangun, lanjut dia, rumah susun itu dibangun untuk dua fungsi yakni hunian dan pasar.

Baca Juga: Duh! Puluhan tenaga kesehatan di RS dan puskemas di Depok terpapar Covid-19

"Dua-duanya akan difungsikan dan satu sama lain tidak ganggu tapi saling dukung," imbuhnya.

Seperti diketahui, Rusun Pasar Rumput akan digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19. Wagub DKI merinci jumlah kamar di tower I, II dan III yang digunakan untuk isolasi pasien COVID-19 mencapai 1.984 kamar.

Satu kamar, lanjut dia, rencananya akan diisi empat tempat tidur sehingga total kapasitas tempat tidur mencapai 7.936 tempat tidur. Rencananya rumah susun 25 lantai dengan tiga tower itu akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 dalam waktu dekat.

Penyiapan rumah susun sebagai lokasi isolasi pasien COVID-19 dilakukan mencermati keterisian ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan yang hampir penuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi, Wagub Jamin Aktivitas di Area Pasar Tak Terganggu"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru