Perbaikan flyover Cengkareng membutuhkan waktu dua minggu

Kamis, 27 Desember 2018 | 13:00 WIB   Reporter: Umi Kulsum
Perbaikan flyover Cengkareng membutuhkan waktu dua minggu

ILUSTRASI. Pasukan Kuning Dinas Bina Marga DKI Jakarta


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan rehabilitasi flyover Cengkareng yang berada di ruas Jalan Lingkar Luar Barat, Jakarta Barat. Pemerintah akan melakukan perbaikan selama dua minggu ke depan. Selama masa perbaikan 14 hari tersebut, flyover Cengkareng akan ditutup sementara.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto menjelaskan, kejadian ini disebutnya tidak perlu dikhawatirkan sebab PUPR sendiri tengah melakukan perbaikan flyover ini. "Itu masih dalam batas wajar bahwa penggantian elastomir atau karet penghubung antar lantai tadi adalah normal," kata dia di Gedung Kementerian PUPR, Kamis (27/12).

Perbaikan ini dilakukan lantaran disebabkan oleh overload kendaraan yang melintas. Untuk itu perbaikan dilakukan untuk menjamin keselamatan para pengguna jalan. Sekedar tahu, Flyover Cengkareng dibangun pada tahun 2008 yang setiap harinya melayani pergerakan orang, truk-truk kontainer yang menuju kawasan industri dan pergundangan di sekitar wilayah ini.

Adapun PUPR saat ini tengah melakukan perbaikan atas gangguan struktur oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga yang mencakup pergantian cakram atau dudukan antara struktur atas dan bawah flyover (pot bearing) pada pier 4 dab pier 11.

Untuk itu, hingga saat ini pekerjaan yang telah dilakukan adalah penguatan dengan pemasangan penyangga sementara (shoring), untuk selanjutnya dilakukan jacking dan penggantian cakram. Setelah cakram terpasang maka akan dipasang expansion joint.

Proses pengadaan modular expansion joint diperkirakan memerlukan waktu sekitar tiga bulan sehingga akan dilakukan pemasangan expansion joint sementara dengan modular expansion joint permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru