Perempuan yang Nekat Terobos Istana Merupakan Warga Jakarta Utara

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:13 WIB Sumber: Kompas.com
Perempuan yang Nekat Terobos Istana Merupakan Warga Jakarta Utara

ILUSTRASI. Seorang tak dikenal berupaya menerobos Istana Negara dan membawa senjata FN berhasil digagalkan Polisi, pada Selasa 25/10/2022, pukul 07.00 WIB.


HUKUM - JAKARTA. Seorang perempuan berinisial SE (24) yang nekat menerobos masuk ke Istana Merdeka ternyata warga Jakarta Utara. Hal itu disampaikan oleh ketua rukun tetangga (RT) di tempat SE bermukim.

"Iya benar itu warga saya SE. Udah lama dia. Lahir di sini. Orang tua di sini," Kata sang ketua RT, dikutip dari WartaKotalive.com, Selasa (25/10/2022).

Sang ketua RT mengatakan, warga setempat sempat kaget mendengar berita tetangganya menjadi terduga pelaku penerobos Istana Merdeka.

"Kaget juga tante ini datang kasih tau berita, setelah itu tante ini bawa berita datang lagi tiga orang. Nanya ini benar warga sini. Saya jawab benar warga sini. Tapi KTP-nya enggak ditunjukkan," ujar dia.

Baca Juga: Kronologi Perempuan Bersenjata FN Mendekati Pagar Istana Negara Versi Dan Paspamres

Diketahui, SE mencoba menerobos masuk ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, dengan menodongkan pistol ke anggota Paspampres, Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 07.00 WIB.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, perempuan tanpa identitas tersebut awalnya terlihat tengah berjalan kaki di trotoar jalan dari arah Harmoni mengarah Medan Merdeka Utara.

"Jadi petugas lihat ada seorang perempuan berjalan kaki dari Harmoni mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara," ujar Latif, Selasa (25/10/2022).  

Sesampainya di depan pintu masuk Istana Negara, kata Latif, perempuan tersebut tiba-tiba menghampiri anggota Paspampres yang sedang berjaga.

Sesaat kemudian, perempuan tersebut mengeluarkan senjata api jenis FN dan menodongkannya ke arah anggota Paspampres yang dihampirinya. Mengetahui kejadian itu, anggota Polisi Lalu lintas yang sedang mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi langsung membantu menangkap perempuan itu dan merampas pistol di tangannya.

Baca Juga: Perempuan Membawa Pistol di Dekat Istana, Kapolda Fadil : Belum Tentu Teror

Perempuan tersebut kemudian langsung diamankan dan dilakukan penggeledahan awal oleh petugas bersama Anggota Paspampres. "Anggota langsung merebut senpi dari tangan wanita atau orang tak dikenal tersebut," kata Latif.

Menurut Latif, petugas di lapangan kemudian berkoordinasi dengan jajaran Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut. "Sekarang masih diperiksa oleh Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perempuan yang Nekat Terobos Istana Ternyata Warga Jakarta Utara"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru