Peringatan dini BMKG: Besok dan lusa, hujan lebat memicu banjir bisa guyur Jakarta

Senin, 22 Februari 2021 | 12:49 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Peringatan dini BMKG: Besok dan lusa, hujan lebat memicu banjir bisa guyur Jakarta

ILUSTRASI. Awan mendung menghiasi langit Jakarta, Rabu (21/10/2020). BMKG memprediksikan, seluruh wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan dengan intensitas lebat pada 23-24 Februari 2021.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan, seluruh wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan dengan intensitas lebat pada 23-24 Februari 2021. Untuk itu, warga tetap waspada terhadap potensi banjir.

"Intensitas hujan cenderung melemah menjadi intensitas rendah hingga 22 Februari, dan akan meningkat kembali menjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada 23 sampai 24 Februari," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di laman resmi BMKG.

Jadi, Dwikorita mengatakan, masih perlu peningkatan kewaspadaan potensi hujan lebat yang bisa berpotensi memicu banjir dan longsor di wilayah DKI Jakarta pada Selasa (23/2) besok dan Rabu (24/2) nanti.

Baca Juga: Curah hujan ekstrem melanda Jabodetabek sejak Kamis, ini penjelasan BMKG

"Umumnya, kejadian hujan terjadi malam hingga dinihari dan berlanjut sampai pagi hari. Ini merupakan waktu-waktu yang kritis dan perlu diwaspadai," ungkap Dwikorita.

Sebelumnya, berdasarkan data yang BMKG himpun, curah hujan tertinggi pada 18-19 Februari terjadi di Pasar Minggu mencapai 226 mm/hari, kemudian di Sunter Hulu 197 mm/hari, Lebak Bulus 154 mm/hari, dan Halim 176 mm/hari.

Saat ini, wilayah Jabodetabek masih masuk puncak musim hujan. BMKG memperkirakan, puncak musim hujan masih berlangsung pada akhir Februari hingga awal Maret 2021.

Selanjutnya: Siap-siap, DKI Jakarta diprediksi masih hujan lebat hingga seminggu ke depan

 

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru