Perluas Askses Pasar bagi Petani Milenial, Polbangtan Malang Bentuk Korporasi

Rabu, 15 Maret 2023 | 22:54 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Perluas Askses Pasar bagi Petani Milenial, Polbangtan Malang Bentuk Korporasi


PERTANIAN - TULUNGAGUNG. Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mendorong generasi milenial terjun ke sektor pertanian. Bahkan Kementan mendorong agar tercipta banyak wirausahawan milenial berkualitas di sektor pertanian.

Untuk itu, Kementan dorong Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS). Program ini merupakan program penumbuhkembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan profesional milenial di bidang pertanian.

Program YESS terlaksana di empat kabupaten di Jawa Timur, salah satunya Kabupaten Tulungagung.

Dalam mendukung pelaksanaan Program YESS di Kabupaten Tulungagung, District Communication Team (DCT) selaku dinas pemangku kebijakan utama di tingkat kabupaten melaksanakan kegiatan District Multi Stakeholder Forum (DMSF) tahap pertama di tahun 2023 yang terlaksana di Kantor Bappeda Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga: Upaya Kementan Tingkatkan Kemampuan Pendampingan Petani Milenial

Kegiatan ini langsung dipimpin dan dibuka Direktur Polbangtan Malang Setyabudi Udrayana selaku Manajer PPIU Jawa Timur, pada Hari Rabu, (15/3). 

Kegiatan multi stakeholder forum merupakan wadah sarana bertukar informasi terkait capaian pelaksanaan program YESS, baik yang telah berjalan maupun harapan ke depannya dengan dukungan dari stakeholder dinas-dinas terkait dalam bersinergi dan menunjang keberhasilan Calon Penerima Manfaat [CPM] Program YESS di Kabupaten Tulungagung.

Arahan pelaksanaan Program YESS di tahun 2023 ini, selain dari pelatihan swakelola juga memprioritaskan pembentukan ekosistem sesuai kluster komoditas petani penerima manfaat yang diperkuat dengan badan hukum berupa korporasi produksi. 

"Harapan dari pembentukan korporasi yaitu organisasi yang dilakukan bersama-sama dan berbadan hukum dapat lebih kuat dan mudah dalam mencari mitra serta memperluas akses pasar sehingga kontinuitas dari Program YESS ini dapat terus berjalan," kata Budi dalam siaran pers Kementan.

Baca Juga: Klaim Pasokan Pangan Aman Jelang Ramadan, Mentan: Neraca Data Kami Cukup Oke

Persiapan pelaksanaan pelatihan dan kluster komoditas di Kabupaten Tulungagung telah mengidentifikasi 9 kluster komoditas unggulan yang telah disusun kedalam BMC (Bisnis Model Canvas) oleh BDSP.

Kegiatan DMSF dihadiri oleh beberapa dinas terkait, DIT, BDSP, FA, Mobilizer, DPM/DPA, koordinator ekosistem, dan penerima manfaat Program YESS ini merumuskan beberapa kontribusi stakeholder dinas-dinas terkait dalam menunjang realisasi BMC yang telah disusun tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru