Peristiwa

Perputaran Uang dari Gelaran AIF & MLF-MSP 2024 di Bali Ditaksir Capai Rp 100 Miliar

Minggu, 01 September 2024 | 17:30 WIB   Reporter: Arif Ferdianto
Perputaran Uang dari Gelaran AIF & MLF-MSP 2024 di Bali Ditaksir Capai Rp 100 Miliar

Jumpa pers Indonesia Africa Forum (IAF) dan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) 2024 di Bali (1/8/2024)


BALI – NUSA DUA. Pemerintah menaksir perputaran uang di Bali bakal mencapai Rp 100 miliar dengan adanya gelaran Indonesia – Africa Forum (IAF) dan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnership (HLF-MSP) 2024 pada 1-3 September 2024.

Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas, Bogat Widyatmoko mengatakan, dalam penyelenggaraan HLF-MSP 2024 saja, bila dihadiri 1.000 orang peserta dan tiap peserta mengeluarkan uang sebesar Rp 5 juta selama tiga hari, maka uang yang berputar di Bali mencapai Rp 5 miliar.

“Itu belum termasuk persiapan-persiapan lainnya untuk perangkat event ini,” ujar Bogat dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/9).

Baca Juga: Bertolak ke Bali, Presiden Jokowi akan Hadiri Indonesia-Africa Forum Ke-2

Bogat mengungkapkan, selama gelaran IAF dan HLF-MSP 2024 berlangsung ditaksir mampu memberikan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan (trickle down effect) bagi masyarakat Bali.

“Jadi secara hitungan kasar trickle down effect yang terjadi dengan IAF ini adalah paling tidak Rp 100 miliar, itu yang langsung, belum yang sifatnya modalitis lainnya,” ungkapnya.

Bogat mengungkapkan, per hari ini Minggu (1/9), pihaknya mencatat akun yang telah mendaftar dalam gelaran IAF dan HLF-MSP 2024 telah mencapai 1.700 orang. Selain itu, peserta yang telah teregristrasi mencapai 1.450 orang.

Sebelumnya, Bogat menuturkan, HLF-MSP 2024 akan menghadirkan 102 pembicara global dari berbagai latar belakang, termasuk pemerintah, sektor swasta, akademisi, filantropi, LSM, dan organisasi internasional.

Baca Juga: Pemerintah Bidik Kesepakatan Bisnis US$ 3,5 Miliar di Indonesia – Africa Forum 2024

Gelaran ini, kata dia, didukung oleh 33 mitra yang telah siap berpartisipasi dalam ekshibisi, serta sistem keamanan siber dan fisik yang telah dipersiapkan dengan matang.

"Kami sangat optimis, jumlah peserta yang terus bertambah dalam beberapa hari terakhir ini menunjukkan antusiasme besar dari berbagai pihak," tandasnya.

Selanjutnya: Pekan Terakhir Agustus 2024, BI Catat Aliran Modal Asing Masuk Rp 6,21 Triliun

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (2/9) Hujan Lebat, Status Waspada Bencana di Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru