Pesawat tempur jenis Hawk TNI AU jatuh di Kampar Riau Senin (15/6) pagi

Senin, 15 Juni 2020 | 12:12 WIB Sumber: Kompas.com
Pesawat tempur jenis Hawk TNI AU jatuh di Kampar Riau Senin (15/6) pagi

ILUSTRASI. Tiga unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 memasuki hangar Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) usai terbang dalam rangka latihan operasi Maverick dan Lintas Elang di Udara Aceh, Senin (20/2/2017). Sebanyak lima unit pesawat tempur dari dari Skuadron 12 Pang


KECELAKAAN PESAWAT - JAKARTA. Pesawat tempur TNI AU jatuh di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, pada Senin (15/6/2020) sekitar pukul 08.13 WIB.

Menurut kesaksian warga, sebelum pesawat jatuh, terdengar suara ledakan dan api muncul di bagian belakang pesawat tempur jenis Hawk tipe TT.

Sementara itu, belum ada keterangan resmi terkait jumlah korban dalam insiden tersebut. Namun, pilot pesawat selamat dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit.  

Berikut ini fakta terbaru:

1. Pilot jatuh 30 meter dari lokasi pesawat  Sementara itu, pilot pesawat sempat terlihat melontarkan diri dari kokpit dan dikabarkan selamat. "Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Sementara itu, menurut warga, pilot yang diketahui bernama Lettu Pnb Aprianto Ismail jatuh di sekitar 30 meter dari lokasi pesawat.  

2. Jatuh di rumah kosong Lihat Foto Pesawat tempur TNI AU jatuh di Kampar, Riau.(handout) Dilansir dari KompasTV, salah satu warga bernama Dedi Sukisman mengaku mendengar suara ledakan lalu melihat pesawat menabrak atap rumah warga.

"Saat itu saya sedang kerja, lalu dengar ada ledakan dan saya lihat ke atas. Ternyata ada pesawat terbang rendah dan menabrak atap rumah warga," katanya. 

Menurut keterangan saksi mata lainnya, pesawat menabrak sebuah rumah yang biasanya kosong. “ Pesawat jatuh di rumah warga yang bernama Markun. Belum jelas apakah ada korban karena rumah itu biasanya kosong karena pemiliknya jarang di rumah,” kata seorang saksi mata kepada Antara yang tidak mau identitasnya disebutkan karena alasan keamanan.

 

3. Lokasi jatuh 5 kilometer dari Lanud Roesmin Nurjadin Lokasi jatuhnya pesawat diketahui 5 kilometer dari Lanud Roesmin Nurjadin. Hingga saat ini, petugas dari TNI AU dan pemadam kebakaran masih mencoba memadamkan api.

Lokasi kejadian telah dipasang garis polisi. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi terkait jatuhnya korban dari pihak warga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Riau, Pilot Ditemukan Jatuh di Rumah Warga",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru