CLOSE [X]

Petani Kelapa Pasok 90% Lebih Kebutuhan Baku Baku Pabrik Sambo Group

Jumat, 01 Maret 2024 | 13:56 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Petani Kelapa Pasok 90% Lebih Kebutuhan Baku Baku Pabrik Sambo Group

Petani kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau memasok lebih dari 90% kebutuhan bahan baku pabrik Sambu Group.


KELAPA -   JAKARTA. Sambu Group mengapresiasi petani kelapa dari seluruh wilayah Indragiri Hilir (Inhil), Riau, dengan mengadakan kunjungan pabrik dan wisata edukasi budidaya kelapa pada 27-28 Februari 2024 di PT Riau Sakti United Plantations (PT RSUP) yang terletak di Pulau Burung. 

Kegiatan ini, yang diberi judul Plant Tour 2024, memberikan kesempatan kepada petani kelapa untuk melihat langsung proses produksi olahan kelapa di Sambu Group, mulai dari penerimaan hingga pengemasan siap konsumsi.

Selain itu, petani juga dapat berdiskusi dengan tim dari Divisi Perkebunan PT RSUP tentang praktik budidaya kelapa yang baik, termasuk pembibitan, pengendalian hama, dan teknik panen.

Baca Juga: Memasuki Usia ke-56 Tahun, Sambu Group Optimistis Terus Perbesar Bisnis

Menurut Dwianto Arif, Corporate Communication Manager Sambu Group, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada petani kelapa di Inhil dan upaya untuk memperkuat hubungan yang telah terjalin baik selama ini.

Hubungan antara Sambu Group dan petani kelapa sudah berlangsung lama dan berkelanjutan. Sejak tahun 1967, petani kelapa di Indragiri Hilir telah mendukung Sambu Group dengan pasokan bahan baku kelapa terbaik. "Petani kelapa memasok lebih dari 90% kebutuhan bahan baku pabrik Sambu Group," ujar Dwianto dalam siaran pers, Jumat (1/3).

Dwianto juga menambahkan bahwa keberadaan Sambu Group di Inhil diharapkan dapat memberikan manfaat bagi petani kelapa, baik dari segi kesejahteraan maupun nilai manfaat lainnya.

Baca Juga: Pertamina Trans Kontinental Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pelindo Jasa Maritim

Kegiatan Plant Tour 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun Sambu Group yang ke-56 dengan tema "Bina Kolaborasi, Bersama Raih Prestasi".

Camat Pulau Burung, Supriansyah, menyampaikan kebanggaannya karena Pulau Burung dipilih sebagai lokasi kegiatan apresiasi petani kelapa oleh Sambu Group. Pulau Burung memiliki kebun dan petani kelapa mandiri serta merupakan area lokasi pabrik dan perkebunan PT RSUP Divisi Industri, yang merupakan bagian dari Sambu Group.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Sambu Group atas perhatiannya terhadap ekosistem kelapa di Pulau Burung dan Indragiri Hilir serta upayanya untuk meningkatkan kesejahteraan petani kelapa melalui kunjungan pabrik dan edukasi budidaya kelapa.

Budianto, seorang peserta Plant Tour 2024 yang mewakili petani kelapa dari Sungai Piring, Inhil, menyatakan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin dari Sambu Group sehingga lebih banyak petani kelapa yang dapat mengambil manfaatnya.

Baca Juga: Kara Indonesia Turut Ramaikan SIAL Interfood 2022

Dia juga menambahkan bahwa Sambu Group selalu memberikan perhatian kepada petani kelapa, bahkan saat tidak ada pembeli lain yang mau menerima kelapa, dan kunjungan ke pabrik modern milik Sambu Group merupakan kesempatan yang sangat berharga baginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru