Petani Milenial Meningkat, Kementan Apresiasi Pemerintah Kabupaten Tulungagung

Senin, 14 November 2022 | 23:50 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Petani Milenial Meningkat, Kementan Apresiasi Pemerintah Kabupaten Tulungagung

Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Pemkab Tulungagung, Deddy Eka Purnama mengapresiasi Kementan melalui Program YESS, untuk mendukung terwujudnya regenerasi pertanian


KEMENTERIAN PERTANIAN -  TULUNGAGUNG. Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) menggelar Forum Multi Pemangku Kepentingan tingkat Kabupaten (District Multi Stakeholder Forum/DMSF) Tahap II di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan DMSF Program YESS digelar oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yakni Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jatim bersama Bappeda Pemkab Tulungagung, belum lama ini.

Kegiatan DMSF kedua pada 2022 tersebut fokus pada evaluasi sejumlah kegiatan yang telah terlaksana tahun ini. Tujuannya, mempertemukan beberapa stakeholder terkait yang telah mendukung dan terlibat pelaksanaan Program YESS. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa Pemerintah terus mendorong peran vital sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan.

Baca Juga: Mentan Beri Penghargaan Terhadap Pendamping Petani Milenial Jawa Timur

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menambahkan, peningkatan produktivitas pertanian dilakukan melalui peningkatan kualitas, kapasitas dan pengetahuan SDM pertanian.

“Pertanian saat ini berbeda dengan sebelumnya. Kita masuk era pertanian internet of things dan artificial intelligent. Satelit sudah main. Bukti pertanian itu keren. Mental tak mudah menyerah, mandiri, adaptif, inovatif serta disiplin tinggi yang menjadi modal dasar keberhasilan pembangunan pertanian," katanya  dalam siaran pers, Senin (14/11)..

Dedi Nursyamsi menambahkan strategi Kementan adalah mendorong kewirausahaan pemuda. Pemerintah, khususnya Kementan, terus mencari peluang membangun ekosistem kewirausahaan bagi generasi muda, guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi demografi tersebut. 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Pemkab Tulungagung, Deddy Eka Purnama yang mengapresiasi Kementan melalui Program YESS, untuk 
mendukung terwujudnya regenerasi pertanian, meningkatkan kompetensi SDM dari pedesaan dan meningkatnya jumlah wirausahawan muda pertanian. 

Deddy EP mengatakan bahwa pada 2022, Pemkab Tulungagung telah melaksanakan pelatihan, pemagangan, open day, dan hibah kompetitif. 

Baca Juga: Upaya Kementan dalam Bangun Ekosistem Usaha Pertanian di Jawa Timur

"Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, DIT (District Implementation Team) selaku pelaksanaan program di daerah telah melibatkan stakeholders terkait dalam pelaksanaan kegiatan utamanya pada pelatihan," katanya.

Pada sesi terakhir, digelar Focus Group Discussion (FGD) antara PPIU Jawa Timur, Bappeda dan stakeholders

Manajer PPIU Program YESS Jatim, Acep Hariri mengatakan pada kegiatan FGD tersebut disampaikan beberapa kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan. Hasil dari FGD menjadi dasar melakukan perbaikan agar kegiatan pada 2023 terlaksana lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru