PGN Tambah Jargas di Musi Banyuasin dan Banyuasin

Rabu, 28 September 2022 | 18:23 WIB   Reporter: Filemon Agung
PGN Tambah Jargas di Musi Banyuasin dan Banyuasin

ILUSTRASI. PGN menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin untuk penambahan sambungan jargas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin untuk penambahan sambungan jargas.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama pada Rabu (28/9). Dalam kerjasama ini, PGN mendukung penambahan pembangunan jargas sebanyak 2.500 SR di Kabupaten Musi Banyuasin dan 15.000 SR di Kabupaten Banyuasin. PGN akan menyediakan GasKita dengan investasi mandiri untuk rumah tangga dan usaha kecil beserta infrastruktur penunjangnya.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengungkapkan, pembangunan jargas di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin ditujukan untuk menjamin ketahanan energi dan mempercepat terwujudnya diversifikasi energi dengan memanfaatkan sumber energi dalam negeri, khususnya gas bumi untuk rumah tangga. 

Baca Juga: Tingkatkan Utilisasi Gas Bumi, PGN Jalin Kemitraan Proyek LNG

“PGN juga mendukung program Pemerintah Kabupatan Muba dan Banyuasin untuk mewujudkan Smart City, serta mengurangi kepadatan lalu lintas dengan mengalihkan moda transportasi gas yang semula menggunakan truk tabung gas menjadi menggunakan. Maka akan lebih hemat tempat dan tidak memerlukan distribusi menggunakan kendaraan,” jelas Faris dalam siaran pers, Rabu (28/9). 

"Dalam rangka menghemat pengeluaran masyarakat, Pemkab Muba bekerjasama dengan Dirjen Migas dan PGN untuk terus mengembangkan jargas. Ke depan jargas akan dibangun sebanyak 2.500 SR," kata Pejabat Bupati Musi Banyasin H. Apriyadi.

Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono menyampaikan bahwa masyarakat bisa menikmati penghematan penggunaan jargas rumah tangga dibandingkan dengan gas tabung, tidak khawatir kehabisan gas, dan menghemat subsidi.

“Ke depan  semoga pembangunan jargas di Banyuasin dapat berjalan lancar khususnya di Kecamatan Talang Kelapa. Pemerintah Kabupaten Banyuasin juga tengah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tidak membebani APBD, salah satunya melalui jargas,” ujar Slamet.

Baca Juga: Anak usaha PGN Genjot Pemanfaatan CNG ke Wilayah Non Jaringan Pipa

Faris melanjutkan, manfaat penghematan biaya energi serta produk yang lebih praktis, aman, dan nyaman akan langsung dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin. GasKita memiliki keunggulan mengalir 24 jam dan pemakaiannya terukur secara otomatis oleh alat ukur meter gas yang dapat diakses melalui aplikasi PGN Mobile. 

Penggunaan gas bumi baik untuk rumah tangga dan usaha kecil dapat digunakan untuk berbagai peralatan gas. Pemasangannya akan dibantu oleh teknisi bersertifikasi sehingga keamanannya terjamin. PGN juga menyediakan fitur pengamanan yang lengkap.

“Gas bumi merupakan solusi bagi penyediaan energi bagi masyarakat. PGN membutuhkan dukungan dan pendampingan stakeholder, khususnya jajaran pemerintah daerah dalam membangun jargas. Hal ini selaras dengan nawa cita presiden RI,” imbuh Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Muchtasyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru