PLN kembali menyalakan 801 gardu distribusi listrik yang terdampak banjir di Manado

Minggu, 24 Januari 2021 | 07:09 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
PLN kembali menyalakan 801 gardu distribusi listrik yang terdampak banjir di Manado

ILUSTRASI. PLN kembali menyalakan 801 gardu distribusi listrik yang terdampak banjir di Manado


PLN -  JAKARTA. Hujan lebat kembali mengguyur Kota Manado pada Jumat (22/01) dan menyebabkan banjir kembali melanda di beberapa titik. PLN pun mengamankan gardu dan jaringan yang terendam air sehingga dilakukan pemutusan sementara aliran listrik untuk mengutamakan keselamatan masyarakat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo Leo Basuki menyampaikan, petugas PLN menginventarisasi infrastruktur yang terdampak dan melakukan penormalan kembali secara bertahap.

Tim gabungan berjumlah 50 Personil yang terdiri dari PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manado Utara, (ULP) Manado Selatan, (ULP) Paniki dan (ULP) Amurang diturunkan untuk mempercepat pengoperasian kembali sistem kelistrikan.

Hingga Sabtu (23/01) pukul 18.00 WITA, PLN telah menyalakan kembali 801 gardu distribusi dari 805 gardu yang terdampak, sehingga hampir 89.000 masyarakat Kota Manado sudah dapat kembali menikmati listrik dan melanjutkan aktivitasnya.

Baca Juga: PLN: Sistem kelistrikan di Kalimantan Barat sudah 100% pulih

Sebelum menyalakan aliran listrik, Leo memastikan bahwa PLN telah memastikan gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman. PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

“Prioritas kami adalah keselamatan masyarakat, listrik kami nyalakan secara bertahap untuk benar-benar memastikan keamanan. Warga juga harus berhati-hati dalam menyalakan peralatan listrik yang ada di rumah, pastikan sudah benar-benar bersih dan kering,” ungkap Leo lewat keterangan tertulis, Sabtu (23/1) malam.

Salah satu tantangan PLN dalam memulihkan kelistrikan akibat banjir adalah akses menuju lokasi yang sulit untuk dilalui, sehingga diperlukan waktu lebih untuk mencapai titik gangguan dan melakukan pemeriksaan jaringan.

Untuk informasi layanan kelistrikan saat banjir warga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 dengan cara menekan kode area dilanjutkan dengan 123, atau melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diakses melalui smartphone Android maupun iOS.

Selanjutnya: PLN operasikan kembali 1.209 gardu listrik di Kalsel dan Kalbar yang terdampak banjir

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru