Polisi: Ade Armando Dipukul dan Diinjak hingga Terluka di Kepala

Senin, 11 April 2022 | 20:41 WIB Sumber: Kompas.com
Polisi: Ade Armando Dipukul dan Diinjak hingga Terluka di Kepala

ILUSTRASI. Pegiat media sosial Ade Armando (tengah) diamankan petugas kepolisian saat aksi unjuk rasa di depan kompleks Parlemen di Jakarta, Senin (11/4/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.


UNJUK RASA - JAKARTA. Insiden pengeroyokan yang dialami pegiat media sosial sekaligus dosen Universitas Indonesia Ade Armando membuatnya mengalami beberapa luka. Ade Armando diketahui dikeroyok di tengah bergulirnya aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Senin (11/4/2022) siang. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, Ade Armando dikeroyok setelah massa mahasiswa menyampaikan aspirasinya. Dia pun memastikan bahwa pengeroyok Ade Armando bukan mahasiswa. 

"Setelah (aspirasi) diterima dan mahasiswa kembali (bubar), ada kelompok massa dan kami sudah identifikasi melakukan pengeroyokan dan penganiayaan kepada saudara Ade Armando," ujar Fadil dalam konferensi pers, Senin malam. 

Fadil mengemukakan, Ade Armando dipukul dan diinjak hingga mengalami luka di bagian kepala. Ade telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.  "Yang bersangkutan (Ade Armando) dipukul, diinjak, dan terluka di kepala, sehingga kami melakukan tindakan terukur untuk menyelamatkan nyawa yang bersangkutan," kata Fadil.

Baca Juga: Kapolda Metro: Situasi di Gedung DPR dan Patung Kuda Telah Kondusif Usai Demonstrasi

"Pada saat anggota melakukan evakuasi, massa non-mahasiswa bertambah beringas menyerang anggota, sehingga enam anggota kami yang melakukan evakuasi, terluka," ucap Fadil. 

Pengeroyokan Ade Armando terjadi saat massa ricuh dan saling dorong hingga melempar botol ke arah petugas kepolisian usai ditinggal oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan tiga Wakil Ketua DPR kembali ke dalam gedung parlemen. 

Ade Armando yang sebelumnya bergabung dalam barisan massa aksi tiba-tiba ditarik dan didorong hingga terjatuh. Setelah itu, dia dikeroyok hingga tak berdaya. 

Aparat kepolisian yang berada di lokasi langsung berusaha menghentikan aksi tersebut dan mengevakuasinya ke dalam area kompleks parlemen. Tampak wajah Ade Armando babak belur hingga mengeluarkan darah saat dievakuasi oleh petugas kepolisian. (Muhammad Isa Bustomi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapolda Metro Jaya: Ade Armando Dipukul dan Diinjak hingga Terluka di Kepala"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru