Biak Numfor Berupaya Bisa Ekspor Langsung Produk Berbasis Maritim

Sabtu, 25 November 2023 | 13:16 WIB   Reporter: Hendrika Yunapritta
Biak Numfor Berupaya Bisa Ekspor Langsung Produk Berbasis Maritim

ILUSTRASI. Salah satu spot wisata di Biak Numfor uang terkenal adalah Pulau Wundi. Pulau merupakan destinasi wisata di Kepulauan Padaido, Kabupaten Biak Numfor. Foto : TribunNeews


KELAUTAN DAN PERIKANAN -  BIAK NUMFOR. Selain mempunyai potensi mineral, misalnya emas, tembaga, dan sebagainya, Papua juga menyimpan potensi besar bidang perikanan laut. Misalnya saja di Biak Numfor, Papua, wilayah kepulauan yang memiliki lokasi strategis karena berbatasan dengan Samudera Pasifik. 

Menurut Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, laut di Teluk Cendrawasih ini, punya potensi produksi ikan tuna, jenis yellow fin sebanyak 1,1 juta ton setahun. Acapkali pula, nelayan mendapatkan blue fin, meski tidak banyak. Salah satu blue fin yang mereka dapat, berbobot 158 kilogram.  

"Kalau mampu ekspor antara 600 ribu ton sampai 800 ribu ton per tahun, maka bisa menghasilkan devisa senilai Rp 17 triliun setahun," ujarnya dalam acara Road to Indonesia Development Forum 2023 yang diselenggarakan Kementerian PPN Bappenas, di Biak Numfor, Papua. 

Road to Indonesia Development Forum 2023

Sejak tahun 2020, kata Herry, mereka sudah mengekspor ikan tuna ke berbagai tujuan, seperti Jepang, China, dan Amerika. Hanya saja, selama ini, pengiriman ekspor tersebut disesuaikan dengan alokasi tempat di kargo. "Jadi, masih bergantung jumlah penumpangnya, lantas sisa tempatnya untuk mengirim ikan," jelasnya. 

Perjalanan ikan yang diekspor pun cukup panjang, karena dari Biak, ke Jakarta dulu, baru ke negara tujuan ekspor. "Kami berharap, suatu saat bisa ekspor langsung dari Biak ke negara tujuan," kata Herry, yang juga berharap, berbagai stakeholder bisa menurunkan biaya ekspor dari daerahnya, sehingga manfaat sektor perikanan ini bisa lebih dirasakan masyarakat. 

Upaya ekspor ikan tuna ini diyakini bisa membawa dampak positif, menggerakkan ekonomi di Biak Numfor. Pasalnya, menurut Herry, sekitar 70% nelayan di Biak Numfor adalah penduduk asli setempat. "Kami ingin Biak Numfor, jadi lumbung ikan nasional," sambungnya. Selama ini, Kabupaten Biak Numfor sudah memperoleh dana bagi hasil ekspor ikan. 

Saat ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah membangun cold storage untuk mendukung industri perikanan di wilayah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru