Presiden Jokowi Pastikan Stabilitas Harga Komoditas Pangan di Musi Rawas Utara

Kamis, 30 Mei 2024 | 17:22 WIB   Reporter: Handoyo
Presiden Jokowi Pastikan Stabilitas Harga Komoditas Pangan di Musi Rawas Utara

Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan ke Pasar Lawang Agung di Kabupaten Musi Rawas Utara sebagai bagian dari agenda kunjungannya ke Provinsi Sumatra Selatan, Kamis, 30 Mei 2024. 


JOKOWI - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan ke Pasar Lawang Agung di Kabupaten Musi Rawas Utara sebagai bagian dari agenda kunjungannya ke Sumatra Selatan, Kamis (30/05/2024). Tujuan utama peninjauan ini adalah untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok di pasar lokal.

Dalam keterangan pers usai peninjauan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa situasi harga di pasar tersebut stabil. 

“Harga-harga baik. Saya lihat kayak cabai rawit di angka Rp55 ribu, cabai hijau, cabai merah Rp50 ribu, bawang juga sama, bawang putih Rp40 ribu, bawang merahnya Rp45 ribu. Harganya baik,” ujar Presiden Jokowi.

Selain mengecek harga, kunjungan ini juga menyoroti infrastruktur lokal. Presiden menyinggung kunjungan sebelumnya ke RSUD Rupit, mengindikasikan bahwa pemeriksaan infrastruktur merupakan bagian dari agenda.

Baca Juga: Presiden Jokowi Telah Tentukan 9 Nama Pansel KPK, Ini Daftarnya

"Kunjungan ke rumah sakit sudah dilakukan sebelumnya. Nanti saya akan ke sini pasti ada maksudnya. Infrastruktur akan diperiksa oleh Kementerian PU," tambahnya dalam merespons pertanyaan terkait perhatian pemerintah pusat terhadap kondisi pasar lokal.

Dalam peninjauan, Presiden Jokowi sempat membeli keripik ubi yang merupakan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oka Evrita, penjual keripik tersebut, menyebut bahwa Presiden Jokowi mengapresiasi pengemasan produk yang dinilai sudah baik.

"Presiden mendukung kemasannya. Kemasannya sudah bagus," katanya.

"(Presiden) membeli empat paket, totalnya Rp500 ribu. Harganya hanya Rp35 ribu untuk keripik, Rp100 ribu untuk rendang, dan Rp40 ribu untuk pedonya. Terima kasih Pak Jokowi," lanjutnya.

Peninjauan ini menegaskan komitmen Presiden untuk memantau langsung kondisi ekonomi dan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pasar tradisional yang menjadi barometer ekonomi kerakyatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru