Peristiwa

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Sarana Pendidikan di Kalimantan Tengah

Kamis, 27 Juni 2024 | 10:38 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Sarana Pendidikan di Kalimantan Tengah

ILUSTRASI. Presiden Jokowi meresmikan pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi sarana dan prasarana pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/Spt.


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi sarana dan prasarana pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Acara peresmian dipusatkan di Gedung Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya, Kota Palangkaraya, yang merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang dibangun.

Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi fasilitas-fasilitas infrastruktur pendidikan di Kalimantan Tengah dilakukan selama tiga tahun, yaitu pada 2020-2023. Selain di IAIN, pekerjaan mencakup berbagai infrastruktur pendidikan seperti SD, SMP, dan madrasah.

"Ini dilakukan agar sarana dan prasarana yang ada bisa lebih bermanfaat bagi mahasiswa dan anak-anak sekolah kita. Kita harapkan sumber daya manusia unggul bisa kita dapatkan dari manfaat pembangunan, renovasi, dan rehabilitasi yang telah dilakukan, yang menghabiskan anggaran Rp 84,2 miliar," ujar Jokowi, dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (27/6).

Baca Juga: KEK Setangga Kalsel Ditargetkan Raup Investasi Rp 67,69 Triliun

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, menambahkan bahwa pembangunan dan renovasi gedung IAIN, 6 madrasah, dan 9 SD negeri tersebar di 9 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah. Menurutnya, keseluruhan fasilitas pendidikan tersebut telah dimanfaatkan.

"Ini semuanya sudah dimanfaatkan. Gedung pascasarjana ini juga sudah digunakan untuk kuliah selama 4 tahun, dan madrasah serta SD tersebut juga sudah dimanfaatkan semuanya," ungkap Diana.

Sementara itu, Rektor IAIN Palangkaraya, Ahmad Dakhoir, berterima kasih kepada pemerintah yang telah membangun gedung di kampus yang dipimpinnya. Menurutnya, gedung setingkat tiga lantai tersebut akan bermanfaat sebagai auditorium dan untuk mengelola pendidikan di pascasarjana yang jumlah mahasiswanya makin hari makin banyak.

"Kedua, bisa mendukung akses pendidikan yang modern dan bagus sehingga mahasiswa nyaman untuk belajar," tandasnya.

Selanjutnya: Samsung M15 5G vs Samsung A15 5G: Duel HP 5G Murah Terbaru Samsung

Menarik Dibaca: 5 Promo Gaswat 25-30 Juni 2024, Buy 1 Get 1 dan Cashback 100% di Hokben-Janji Jiwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru