Proyek LRT Jakarta Fase 1B Akan Dikerjakan Mulai Tahun Ini

Kamis, 25 Mei 2023 | 11:03 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Proyek LRT Jakarta Fase 1B Akan Dikerjakan Mulai Tahun Ini


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B direncanakan akan menyambungkan rute dari pegangsaan Kelapa Gading, Velodrome sampai ke Stasiun Manggarai. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa proyek LRT Jakarta Fase 1B sampai Manggarai tersebut akan dimulai tahun ini. 

"Insyaallah tahun ini dimulai," kata Budi saat ditemui di Gedung Parlemen, Rabu (24/5). 

Sementara itu Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan bahwa proyek tersebut masuk dalam tahap pembicaraan intens bersama dengan Pemprov DKI Jakarta. 

Baca Juga: Tarif LRT Jabodebek Bakal Disubsidi hingga 40%

Menurutnya pihak Pemprov DKI Jakarta juga memiliki optimis yang sama bahwa proyek LRT Jakarta 1B dapat dimulai pada tahun ini. 

"Ya kita bicara sama pemerintah provinsi, karena kan kalau LRT Jakarta itu kan di bawah Pemprov DKI, kita sudah bicarakan, sudah intens juga bersama PJ Gubernur, dimulai tahun ini atau tahun depan nanti," jelas Adita. 

Meski begitu, Adita mengatakan pihaknya saat ini akan memprioritaskan LRT Jabodetabek terlebih dahulu. Sebab proyek LRT Jabodetabek ini ditargetkan untuk mulai beroperasi secara komersial Agustus nanti. 

"Nanti pasti, tapi akan prioritaskan LRT jabodebek ini dulu karena rencananya tahun ini nanti Juli kita bisa trial, agustus bisa komersialisasi," tutur Adita. 

Baca Juga: Permintaan Tinggi, Bisnis Properti TOD Makin Prospektif

Dikutip dari keterangan yang diterbitkan LRT Jakarta, proyek LRT Jakarta 1B ini direncanakan rampung di penghujung 2024. Adanya LRT pegangsaan Kelapa Gading-Velodrome-Manggarai diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti KAI Commuter Line dan MRT Jakarta. 

Hal ini sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik.

Rute LRT Manggarai tersebut memiliki panjang 6,4 km dengan 5 stasiun. Kemudian, LRT ini ditargetkan membawa 180.162 penumpang, atau minimal 80.000 - 100.000 penumpang per hari dengan target konstruksi awal dimulai pada paruh pertama 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru