PT ASDP bangun Dermaga VII di Merak

Jumat, 18 November 2016 | 22:06 WIB Sumber: Antara
PT ASDP bangun Dermaga VII di Merak


MERAK. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry akan membangun Dermaga VII di Merak, Banten. Pembangunan dermaga ini guna melayani angkutan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung.

Targetnya pembangunan Dermaga VII yang menghabiskan dana Rp 250 miliar dari APBN itu akan selesai pada tahun 2017. Pelaksanaan pembangunan dermaga itu masih dalam tahap pelelangan kepada pihak ketiga yang mengerjakan proyek tersebut.

"Kami berharap secepatnya bisa ditenderkan dan bisa dikerjakan," kata Pelaksana Tugas Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Faik Fahmi di Merak, Jumat (18/11).

Menurut dia, pembangunan Dermaga VII itu guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung. Saat ini, jumlah dermaga yang ada di Pelabuhan Merak tercatat enam dermaga sehingga perlu adanya penambahan satu dermaga lagi.

Kemungkinan tujuh dermaga itu dapat menampung ribuan kendaraan sehingga arus penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar tanpa antrean panjang. "Kami optimistis tujuh dermaga itu bisa mengatasi kemacetan dan kepadatan Pelabuhan Merak," katanya.

Direktur Usaha Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry, La Mane mengatakan, pembangunan Dermaga VII sebagai penunjang pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung.

Apalagi, jalan Tol Trans Sumatera akan dioperasikan sehingga akan terjadi lonjakan kendaraan yang hendak menyeberang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. "Kami berharap pembangunan Dermaga VII dapat memperlancar akses lalu lintas,terutama angkutan hari raya," kata La Mane.

(Mansyur) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru