Pukul 01.00 dini hari: Senayan rusuh, 88 orang dirawat di RSPP

Rabu, 25 September 2019 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
Pukul 01.00 dini hari: Senayan rusuh, 88 orang dirawat di RSPP

ILUSTRASI. AKSI MAHASISWA TUNTUT PEMBATALAN RKHUP DI DEPAN DPR


DEMONSTRASI - JAKARTA. Kawasan Senayan rusuh. Akibatnya, sebanyak 88 orang dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, setelah terluka dalam bentrokan antara massa dengan aparat Kepolisian, Selasa (24/9).

Kerusuhan pecah dalam aksi unjuk rasa kelompok mahasiswa di depan Kompleks Parlemen Senayan, Selasa sore. Agus W Susetyo, Head Of Bussiness Management RSPP mengatakan, angka tersebut berdasarkan data terakhir pukul 00.00 WIB.

"Sampai pukul 00.00 WIB, sebanyak 88 orang masuk Unit Gawat Darurat (UGD). Setelah masuk kita lakukan triase atau pemilahan pasien berdasarkan penyakit dan keluhan," kata Agus di RSP Pertamina, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/9) dini hari.

Baca Juga: Akses Twitter terganggu, Kominfo bantah perlambat media sosial

Dari 88 korban tersebut, terbagi menjadi tiga klasifikasi. Pasien ketogori hijau adalah mereka yang datang ke RS dalam kondisi sadar dan tidak harus ada tindakan darurat. Pasien kategori kuning masuk tahap observasi dan harus dilakukan perawatan medis secepatnya. Sementara pasien kategori merah, adalah pasien yang sangat gawat sehingga harus ditangani dokter secepatnya.

"Kondisi statusnya identifikasi hijau 72 pasien. Mereka datang dalam keadaan sadar, kemudian penanganan tidak harus emergency. Masuk ke kategori Kuning tahap observasi segera dilakukan ada 14 orang," ucapnya.

Baca Juga: Pukul 18.15: Polisi pukul mundur mahasiswa, api berkobar di beberapa lokasi

"Untuk kategori merah itu butuh penanganan cepat, kalau tidak khawatir bisa fatal, ada dua orang yang kena benturan di bagian kepala," tambah Agus.

Agus mengatakan, seluruh korban berasal dari berbagai daerah, di antaranya Jakarta, Tangerang, Bekasi. Kerusuhan pecah berawal dari sekelompok mahasiswa yang memaksa masuk Kompleks Parlemen Senayan dengan memanjat pagar.

Polisi kemudian menyemprotkan air dengan water canon dan menembakan gas air mata ke arah massa yang berkumpul di depan pagar. Setelah didorong Kepolisian, massa berpencar ke jalanan sekitar Senayan.

Baca Juga: Ketua DPR Bambang Soesatyo siap bertemu mahasiswa yang demo

Bentrokan antara massa dengan polisi terjadi di berbagai daerah hingga menjelang dini hari. Sejumlah pos polisi dan kendaraan dibakar massa. Semakin malam, massa tidak lagi murni mahasiswa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kerusuhan di Sekitar Senayan hingga Dini Hari, 88 Orang Dirawat di RSPP"
Penulis : Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar
Editor : Sandro Gatra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru