Puncak Arus Balik Periode 2 di Tol Kalikangkung Diprediksi Berlangsung Minggu (30/4)

Kamis, 27 April 2023 | 21:00 WIB Sumber: Kompas.com
Puncak Arus Balik Periode 2 di Tol Kalikangkung Diprediksi Berlangsung Minggu (30/4)

ILUSTRASI. Puncak Arus balik gelombang kedua via tol diprediksi bakal berlangsung pada Minggu (30/4). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.


ARUS BALIK - SEMARANG. Puncak Arus balik gelombang kedua via tol diprediksi bakal berlangsung pada Minggu (30/4). Diketahui gelombang arus balik kedua akan berlangsung mulai 29-30 April hingga 1 Mei 2023.

Dirlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Agus Suryo mengatakan, untuk arus balik dibagi menjadi dua gelombang. Saat ini, gelombang pertama arus balik sudah terlewati.

"Sampai saat ini sudah 47% kendaraan pemudik yang keluar Jateng melalui Gerbang Tol (GT) Kalikangkung," jelasnya saat ditemui di GT Kalikangkung, Kamis (27/4).

Baca Juga: Jasamarga Transjawa Tol Catat 259 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta pada H+3 Lebaran

Dia mengatakan sebanyak 397.000 kendaraan yang berasal dari Solo dan Jawa Timur (Jatim) sudah masuk melalui GT Kalikangkung.

"Puncak arus balik pertama sudah terjadi H+2 lebaran kemarin," kata dia.

Rekayasa lalu lintas seperti one way, ganjil genap dan larangan kendaraan sumbu tiga untuk melintasi akan diberlakukan saat arus balik gelombang kedua.
"Beberapa rekayasa kita siapkan," ujarnya.

Agus menjelaskan, bagi kendaraan ganjil genap yang tak bisa mengikuti arus balik via tol dapat memanfaatkan Jalan Alteri menuju arah Jakarta.

"Ganjil-genap bisa memecah arus yang menuju ke Jakarta itu baik yang di tol maupun nontol itu bisa lancar," ujarnya.

Baca Juga: Hingga Kamis (27/4), Sekitar 55% Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

Pantauan di lokasi, hingga pukul 12.55 WIB arus kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung masih terlihat ramai lancar. Kendaraan dengan nomor polisi Jakarta juga sudah mulai banyak yang melintas di GT Kalikangkung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Puncak Arus Balik Kedua di Tol Kalikangkung Diprediksi Terjadi Pada 30 April 2023"

Penulis : Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf
Editor : Dita Angga Rusiana

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru