Puncak Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan di Seluruh Wilayah Indonesia, Mau Lihat?

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:50 WIB   Penulis: Arif Budianto
Puncak Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan di Seluruh Wilayah Indonesia, Mau Lihat?

ILUSTRASI. Puncak Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan di Seluruh Wilayah Indonesia, Mau Lihat?


KONTAN.CO.ID - Puncak hujan meteor Perseid bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, mau lihat? Fenomena astronomi ini puncaknya bakal terjadi akhir pekan ini, 13-14 Agustus 2022.

Bulan Agustus 2022 bakal menjadi pertunjukkan menarik bila Anda hobi mengamati fenomena astronomi. Puncak hujan meteor Perseid bakal membuat pemandangan langit di bulan ini tidak seperti biasanya.

Sekadar tambahan informasi, hujan meteor adalah salah satu fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam.

Nah, kali ini, hujan meteor yang segera bakal mencapai puncaknya di akhir pekan nanti adalah Perseid. 

ILUSTRASI: METEOR-SHOWER

Baca Juga: Mengenal Meteor, Meteoroid, Meteorit, hingga Hujan Meteor, Simak Penjelasannya

Mengutip dari akun Instagram resmi (@lapan_ri) Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (OR PA/LAPAN), Peneliti BRIN Andi Pangerang membagikan informasi menarik terkait hujan meteor ini. 

Perseid adalah hujan meteor yang titik radiannya berasal dari konstelasi Perseus. Intensitas maksimum hujan meteor ini adalah sebesar 100 meteor/jam.

Kecepatan hujan meteor Perseid ini bersumber dari sisa debu komet 109P/Siwfts-Tuttle. Tambahan informasi, hujan meteor Perseid ini mencapai 212.400 km/jam.

Menariknya lagi, hujan meteor Perseid ini juga dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Andi Pangerang, hujan meteor Perseid dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, dari wilayah Sabang hingga Pulau Rote.

Dengan ketinggian maksimum titik radiant di Indonesia yang bervariasi antara 29,9 derajat (Pulau Rote) hingga 37,8 deraja (Sabang), intensitas hujan meteor Perseid ini juga berkurang.

Di wilayah Pulau Rote atau yang selintang intensitasnya mencapai 36 meteor/jam, sementara wilayah Sabang atau yang selintang mencapai 61 meteor/jam.

Puncak hujan meteor Perseid di wilayah Indonesai dapat diamati mulai pukul 11 malam untuk wilayah Sabang atau yang selintang dan pukul 1 malam di Pulau Rote atau yang selintang. 

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Benda Langit Asteroid, Berikut Pengertian dan Ciri-Cirinya

Hujan meteor Perseid ini akan berlangsung hingga 25 menit sebelum Matahari terbit.

Apakah Anda sudah siap untuk melihat fenomena astronomi hujan meteor Perseid di akhir pekan ini, 13-14 Agustus 2022?

Bagi Anda yang akhir pekan ini mungkin masih belum memiliki agenda yang direncanakan, mengamati hujan meteor Perseid sepertinya menarik untuk dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru