Jawa Barat

Punya kasus corona terbanyak di Jabar, Depok berencana lakukan tes swab massal

Selasa, 25 Agustus 2020 | 14:49 WIB Sumber: Kompas.com
Punya kasus corona terbanyak di Jabar, Depok berencana lakukan tes swab massal

ILUSTRASI. Petugas Ahli Teknologi Laboratorium Medik melakukan Swab Test melalui mulut dan hidung di gedung Laboratorium Kesehatan Daerah, Depok, Jawa Barat, Senin (06/04). Pemerintah memberikan update jumlah kasus positif virus corona di Indonesia, dengan ada tamba

KONTAN.CO.ID - DEPOK. Pemerintah Kota Depok berencana menghelat pemeriksaan swab PCR massal selama dua pekan ke depan. 

"Swab massal ini dilakukan di kecamatan-kecamatan. Jadi puskesmas sedang menjadwalkan untuk dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan itu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita kepada wartawan, Selasa (25/8). 

Baca Juga: Bukit Panguk Kediwung, tempat wisata di Yogyakarta yang lagi hits

Lantaran tes swab PCR massal ini diselenggarakan pemerintah, Novarita menjamin bahwa masyarakat tak akan dipungut biaya.  Ia menjelaskan, ada beberapa kategori masyarakat di setiap kecamatan yang akan diprioritaskan untuk menerima tes swab PCR massal. "Pertama suspect (ODP dan PDP). Kedua, ASN di perkantoran. Kemudian, tokoh-tokoh masyarakat," kata Novarita. 

"Terus juga di tempat kerumunan, tempat-tempat wisata, seperti itu," tambahnya. 

Ditanya mengenai cara mendeteksi kasus Covid-19 pada orang tanpa gejala (OTG) yang merebak, Novarita menyampaikan bahwa hal tersebut dapat diketahui melalui kelanjutan hasil tes swab PCR massal. 

Setelah pemerintah memegang data kasus positif Covid-19, maka para OTG kemungkinan bakal diketahui pula setelah dilakukan penelusuran/pelacakan kontak para pasien positif. 

Sebagai informasi, Kecamatan Pancoran Mas, Cimanggis, dan Beji menjadi tiga kecamatan dengan torehan kasus aktif Covid-19 tertinggi saat ini. Di Pancoran Mas dan Cimanggis, bahkan, seluruh kelurahannya masuk ke dalam kategori zona merah lantaran masing-masing kelurahan mencatat lebih dari lima warganya saat ini positif Covid-19. 

Baca Juga: Ini alasan Jokowi tetap garap proyek infrastruktur di tengah pandemi corona

Secara garis besar, Kota Depok mengalami lonjakan pesat kasus aktif Covid-19 sejak 31 Juli. Belum genap satu bulan, jumlah kasus aktif/pasien positif Covid-19 yang sedang ditangani di Depok melonjak tiga kali lipat lebih. 

Tidak diketahui lonjakan ini akibat penularan virus corona yang kian membahayakan atau karena deteksi kasus yang semakin masif, sebab Pemerintah Kota Depok tidak pernah transparan soal jumlah tes PCR harian. 

Kota Depok juga menjadi kota dengan jumlah kasus positif Covid-19 tertinggi di Jawa Barat dengan total 1.945 kasus yang dilaporkan. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Depok Berencana Swab Massal di Seluruh Kecamatan Selama 2 Pekan"

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru