PVMBG ESDM Naikan Status Gunung Ruang di Sulawesi Menjadi Level IV (Awas)

Kamis, 18 April 2024 | 13:12 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
PVMBG ESDM Naikan Status Gunung Ruang di Sulawesi Menjadi Level IV (Awas)

ILUSTRASI. Status gunung api Ruang di Sulawesi menjadi level IV


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Api Ruang menjadi Level IV (AWAS).

Sebelumnya, PVMBG telah meningkatkan statusnya menjadi Level III (Siaga) pada Selasa (16/4).

Melansir laman PVMBG, naiknya status ini berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ruang.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada G. Ruang, maka tingkat aktivitas G. Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai tanggal 17 April 2024 pukul 21.00 WITA," melansir keterangan web resmi PVMBG, Kamis (18/4).

Baca Juga: Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Hingga 18 April 19.26 WITA

PVMBG menyatakan, tingkat aktivitas G. Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala, maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar G. Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif G. Ruang.

Selain itu, masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru