PVMBG: Hindari aktivitas radius 4 km dari puncak Gunung Soputan

Selasa, 18 Desember 2018 | 05:37 WIB Sumber: Kompas.com
PVMBG: Hindari aktivitas radius 4 km dari puncak Gunung Soputan

ILUSTRASI. Erupsi Gunung Soputan


GUNUNG - BANDUNG. Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG), Kasbani meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan.

"Masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 6,5 km yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran," kata Kasbani, dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/18).

Seperti diketahui, Gunung Soputan di Sulawesi Utara meletus dengan tinggi kolom sekitar 3 kilometer dari puncak, pada Minggu (16/12).

Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Soputan berada di level III atau siaga. Untuk itu, Kasbani mengimbau kepada masyarakat mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," tutur dia. (Kontributor Bandung, Agie Permadi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PVMBG Imbau Masyarakat Tak Beraktivitas dalam Radius 4 Km dari Puncak Gunung Soputan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru