Ramadhan, malam muda-mudi HUT Jakarta ditiadakan

Senin, 08 Juni 2015 | 10:13 WIB Sumber: Kompas.com
Ramadhan, malam muda-mudi HUT Jakarta ditiadakan


JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meniadakan Malam Muda-Mudi atau Jakarta Night Festival (JNF) yang biasa terselenggara di malam hari ulang tahun Jakarta.

Basuki mengatakan, semua panggung hiburan yang biasanya tersebar di Malam Muda-mudi terakomodasi di penyelenggaraan Jakarnaval, Minggu (7/5) kemarin.  "Memang sudah enggak ada (Malam Muda-Mudi), makanya digabung musiknya kemarin (ke Jakarnaval)," kata Basuki, di Balai Kota, Senin (8/6).

Sementara itu Ketua Panitia HUT ke 488 DKI Jakarta Andi Baso Mappapoleonro menjelaskan alasan tidak digelarnya Malam Muda Mudi tahun ini. Selain untuk menghormati bulan suci Ramadhan, ketiadaan acara karena lokasinya yang bersinggungan dengan pembangunan sass rapid transit (MRT) di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Tepat di hari ulang tahun, yakni 22 Juni, serangkaian kegiatan yang diselenggarakan masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dimulai dengan penyelenggaraan apel untuk semua pegawai negeri sipil (PNS) DKI, rapat paripurna bersama DPRD, dan malam resepsi untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama tamu kehormatan Duta Besar Negara Sahabat yang akan digelar di Balai Kota DKI Jakarta sebagai puncak acaranya.

"Ulang tahun yang tahun ini kan bertepatan dengan malam di bulan Ramadhan, jadi ditiadakan. Jalan di sepanjang lokasi panggung berdiri juga mengalami penyempitan karena infrastruktur MRT," kata pria yang juga menjabat sebagai Asisten Sekda bidang Keuangan DKI itu.

Malam Muda-mudi rutin diselenggarakan sejak 2013 lalu. Saat Joko Widodo masih menjadi Gubernur DKI, malam muda-mudi 2013 berlangsung sangat meriah. Jokowi, Basuki, serta pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) hingga lurah membagi-bagikan tumpeng kepada warga yang tumpah ruah dari Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Pada acara itu juga disuguhkan tumpeng raksasa yang potongan pertamanya diberikan Jokowi kepada mantan Wakil Gubernur DKI Eddie Nalapraya dan istri mendiang Henk Ngantung. Jokowi-Basuki pun berjalan menyapa warga hingga Bunderan HI dan berkeliling Monas.

Sementara di Malam Muda-mudi 2014, Basuki yang saat itu menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI bersepeda bersama pejabat SKPD DKI dari Balai Kota hingga Monas.

Di Monas, Basuki mencanangkan program CSR oleh Philips yang menyinari Monas selama tiga tahun. Basuki juga menyapa dan menyalami warga pengunjung Monas malam itu. Setelah itu, sekitar pukul 21.00, Basuki telah meninggalkan lokasi acara. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru