kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Resmi berbayar mulai hari ini, naik LRT bisa pakai Jak Lingko dan Jakcard


Minggu, 01 Desember 2019 / 09:00 WIB
Resmi berbayar mulai hari ini, naik LRT bisa pakai Jak Lingko dan Jakcard

Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Operasional Light Rail Transit ( LRT) Jakarta yang resmi berjalan pada 1 Desember akan menggunakan transaksi nontunai. 

Para penumpang nantinya bisa menggunakan kartu JakCard dan JakLingko Bank DKI di LRT Jakarta yang disiapkan oleh bank milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut. 

Adapun LRT Jakarta akan resmi beroperasi secara komersial dengan tarif Rp 5.000 per sekali perjalanan flat (rata). 

Baca Juga: Bank DKI sasar pengguna transportasi publik untuk transaksi nontunai

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan kedua kartu tersebut juga terintegrasi fisik di Stasiun Velodrome yang berhubungan langsung dengan koridor Transjakarta. 

"Masyarakat dapat langsung membayar dengan sekali tap out di koridor skybridge dan langsung menumpang bus Transjakarta dengan dikenakan harga total perjalanan sebanyak Rp 8.500," ucap Herry saat dikonfirmasi, Sabtu (30/11). 

Herry menyebutkan, berdasarkan keterangan yang didapat dari pihak LRT Jakarta, jumlah penumpang LRT selama uji coba pada bulan Oktober sudah mencapai 1.044.457 dengan rata-rata 6.528 penumpang per harinya. 

"Ini merupakan potensi besar bagi Bank DKI untuk terus mendorong transaksi non tunai," kaya dia. 

Sebelumnya JakCard dan Jak Lingko Bank DKI juga sudah dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di Transjakarta termasuk Transmikro, MRT Jakarta dan Railink Kereta Bandara Soekarno Hatta.   

Untuk mempermudah pengisian ulang Jakcard dan JakLingko dapat dilakukan melalui Near Field Communication (NFC) JakOne Mobile. 

Baca Juga: LRT Jakarta berbayar mulai Desember, Bank DKI siap dukung sistem pembayarannya

Cara isi ulang dengan NFC JakOne Mobile cukup mudah dimana pengguna memilih menu Isi Ulang JakCard kemudian memilih opsi Cek atau Perbaharui Saldo. Setelah itu pengguna cukup menempelkan JakCard di bagian belakang smartphone yang sudah memiliki fitur NFC. 

Diketahui, mulai 1 Desember 2019 LRT Jakarta beroperasi secara komersial. 

"Mulai 1 Desember 2019, LRT resmi dikomersilkan dengan tarif Rp 5.000 per sekali perjalanan flat," kata Direktur Utama LRT Jakarta Wijanarko di Stasiun LRT Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (21/11). (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pembayaran LRT Jakarta Bisa Menggunakan Kartu Jak Lingko dan JakCard"



Video Pilihan

TERBARU

×