Resmikan Mayapada Hospital Bandung, Ini Harapan Presiden Jokowi

Senin, 06 Maret 2023 | 11:49 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Resmikan Mayapada Hospital Bandung, Ini Harapan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo meresmikan Mayapada Hospital Bandung di Jalan Terusan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 6 Maret 2023.


BISNIS RUMAH SAKIT - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Mayapada Hospital Bandung yang berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu No. 5, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, 6 Maret 2023.

Ia mengapresiasi konsep rumah sakit yang mengusung tema rumah sakit hijau (green hospital) di Indonesia.

Dengan kehadiran rumah sakit modern seperti Mayapada Hospital Bandung, Ia berharap dapat mengurangi jumlah masyarakat yang berobat ke luar negeri. Pasalnya, berdasarkan data yang diterimanya saat ini, hampir dua juta masyarakat Indonesia masih memilih untuk pergi berobat ke luar negeri.

"Kurang lebih 1 juta ke Malaysia, kurang lebih 750.000 ke Singapura, dan sisanya ke Jepang, ke Amerika, ke Jerman, dan lain-lain, mau kita terus-teruskan?" kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Senin (6/3).

Pemerintah akan mendukung penuh pembangunan rumah sakit berstandar internasional. Hal tersebut agar Indonesia tidak kehilangan devisa dalam jumlah besar.

Baca Juga: Rincian 4 Infrastruktur di Jawa Barat Senilai Rp 1,26 Triliun yang Baru Diresmikan

"Rp 165 triliun devisa kita hilang gara-gara itu, karena ada modal keluar, capital outflow," ungkapnya.

Ia juga mensyukuri Mayapada Hospital Bandung memberikan kesempatan luas kepada masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pasalnya, Kepala Negara tidak ingin terjadi kesenjangan di masyarakat dalam mendapatkan akses dan pelayanan kesehatan.

"Saya tadi sebelumnya minta kepada Dirut Rumah Sakit Mayapada Hospital Bandung, jangan hanya melayani yang menengah atas, tapi yang BPJS juga, tetapi ternyata sudah, sudah ada BPJS dilayani banyak di sini," tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru