Resmikan Sirkuit Mandalika, Jokowi: Akan jadi kebanggaan Indonesia

Jumat, 12 November 2021 | 14:20 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Resmikan Sirkuit Mandalika, Jokowi: Akan jadi kebanggaan Indonesia


OLAHRAGA -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo, meresmikan Sirkuit Mandalika untuk ajang Internasional World Superbike (WSBK) dan Moto Gp 20222 pada Jumat, 12 November 2021. Setibanya di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Kabupaten Lombok Tengah.

Presiden langsung menuju Pit Building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika berikut menyimak penjelasan panel sirkuit tersebut.

“Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer dengan menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung event-event kelas dunia di Mandalika. Di mana sebentar lagi ada WSBK dan dilanjutkan pada bulan Maret MotoGP 2022” kata Presiden dalam keterangannya, Jumat (12/11).

Sebelum meresmikan sirkuit, Presiden beserta rombongan sekitar pukul 10.20 menjajal lintasan sirkuit Mandalika dengan motor Kawasaki W175 warna hijau yang dimodifikasi. Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri. 

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jabodetabek hujan ringan hingga lebat, awas petir dan angin kencang

Sirkuit Mandalika sendiri dapat menampung 150.000 hingga 200.000 orang. Namun pada masa pandemi Covid-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75.000 kursi di grandstand dan 138.000 area berdiri.

Dalam peresmian tersebut, Presiden di damping Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernut NTB, Direktur ITDC mandalika, Setelah meresmikan Sirkuit Mandalika sekitar pukul 11.20 Presiden Jokowi menandatangani Prasasti Sirkuit Mandalika dan Jalan Tol by pass Bandara Mandalika sepanjang 17,3 KM.

Jokowi mengapresiasi Sirkuit Mandalika yang dibangun dalam waktu sembilan bulan di atas lahan sekitar 120 hektar dan menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,1 triliun. Menurut Priesiden Sirkuit akan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mendukung Diseminasi Sektor Pariwisata Tahun 2021dan promosi tourism sport sirkuit Mandalika, karena Mandalika menjadi satu-satunya tempat yang dijadikan sirkuit skala internasional kebanggaan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Sayangkan insiden unboxing Ducati WSBK, ini penjelasan ITDC-MGPA

“KEK Mandalika semakin memesona dengan kebijakan pemerintah menjadikan Mandalika sebagai pelopor sport tourism di Indonesia. Terdapat dua event olahraga yang akan dilaksanakan di Mandalika," kata Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo.

"Kegiatan yang akan pertama kali dilaksanakan ialah World Superbike (WSBK) 2021 seri terakhir pada tanggal 19-21 November 2021, serta MotoGP 2022,” ujarnya.

Selanjutnya: Pemerintah dorong sport tourism di Mandalika

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru