Ribuan Lampion Menghiasi Langit Borobudur pada Perayaan Waisak 2024

Kamis, 23 Mei 2024 | 23:37 WIB Sumber: Kompas.com
Ribuan Lampion Menghiasi Langit Borobudur pada Perayaan Waisak 2024

ILUSTRASI. Suasana kegiatan perayaan hari raya Waisak 2568 B.E. Tahun 2024 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Kamis, 23 Mei 2024. Detik detik waisak dilaksanakan pukul 20.52.42 WIB. FOTO : KONTAN/Yuliana Hema


PERAYAAN WAISAK - MAGELANG. Ribuan lampion menghiasi langit Candi Borobudur pada perayaan Waisak 2568 BE, Kamis (23/5/2024) malam. Hujan yang deras yang mengguyur wilayah Magelang, Jawa Tengah, tidak menyurutkan niat peserta untuk bertahan di lokasi penerbangan. 

Sejak pukul 17.00 WIB, hujan mengguyur seputaran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hujan baru reda lebih kurang 2 jam kemudian. 

Selama rentang waktu itu, beberapa peserta tetap masuk di area Marga Utama, tempat pelepasan lampion. Sambil mengenakan mantel, mereka tampak ingin spot terbaik untuk menyalakan lampion. 

Sebelum melepas lampion, para peserta mengikuti sesi meditasi yang dipimpin seorang biksu. Kemudian, ditayangkan tata cara penyalaan dan penerbangan lampion. 

Koordinator Lampion Waisak Nasional 2568 BE/2024, Fatmawati mengatakan, jumlah lampion yang disediakan sebanyak 2.568 buah. "Pelepasan lampion sudah menjadi ikon Waisak nasional di Candi Borobudur. 

Setiap tahunnya, masyarakat dari seluruh Indonesia dan mancanegara, baik umat Buddhis yang melakukan ritual maupun turis, hadir ke Candi Borobudur untuk ikut acara ini," kata Fatmawati. 

Ada dua sesi pelepasan lampion, yakni sesi 1 pukul 19.00-21.00 WIB dan sesi 2 jam 21.30-22.30 WIB. Aini (24) tampak terisak ketika berhasil melepas lampion ke langit. 

Sembari merekam dengan ponsel, ia berusaha menahan tangis. "Cantik banget. Terharu saya lihatnya. Tidak tergambarkan dengan kata-kata," ucap peserta asal Jakarta itu. 

Aini mengaku, baru pertama kali ikut Festival Lampion. Setelah beragam faktor yang membuat ia tidak bisa berpartisipasi, kali ini ia merasa bersyukur. "Setelah banyak perjuangan, akhirnya bisa melihat langsung, enggak cuman di media sosial," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ribuan Lampion Waisak Hiasi Langit Candi Borobudur, Bikin Peserta Terharu", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru