Jawa Barat

Ridwan Kamil resmi mendaftar jadi relawan uji klinis vaksin Covid-19

Senin, 10 Agustus 2020 | 16:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ridwan Kamil resmi mendaftar jadi relawan uji klinis vaksin Covid-19

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kegiatan akhir pekan

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan telah mendaftarkan diri secara resmi menjadi relawan pengetesan vaksin Covid-19. 

Dalam pernyataan resmi yang diterima wartawan, Senin (10/8), saat ini ia tengah menunggu keputusan tentang lolos tidaknya kondisi fisiknya untuk menjadi relawan. 

"Saya sudah mendaftar didaftarkan oleh tim kesehatan saya secara online. Jadi kuitansi onlinenya sudah ada nanti saya posting juga bahwa mendaftarnya sudah tapi diterimanya masih belum karena menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain-lain bahwa saya laik dan siap jadi relawan tapi kalau dari sisi mendaftar sudah " ujar Emil, sapaan akrabnya. 

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan jadi relawan uji vaksin Covid-19

Jika pengajuannya diterima, ia akan melaksanakan segala prosesnya sesuai prosedur medis. 

"Kalaupun tidak saya permaklumkan mungkin ada faktor-faktor kesehatan yang harus diperhatikan," kata Emil. 

Emil mengatakan, keikutsertaannya menjadi relawan vaksin sekaligus ingin mengikis keraguan masyarakat tentang upaya pemerintah yang sedang berupaya mencari vaksin bagi virus ini. 

"Kalau pemimpinnya ikut rakyat juga yakin bahwa semuanya berproses secara ilmiah jadi tidak ada istilah rakyat dikorbankan pemimpinnya saja enggak yakin masa rakyatnya harus ikutan. Enggak, semuanya juga ikutan gubernurnya juga ikutan dalam proses ini," tuturnya. 

Ia pun berkomitmen untuk transparan terhadap hasil uji vaksin tersebut. Jika dinilai berhasil, ia akan sampaikan kepada masyarakat. Begitu pula jika vaksin itu dianggap gagal. 
"Kalau berhasil saya sampaikan berhasil untuk diproduksi. Kalau gak berhasil saya sampaikan kurang berhasil tapi kita terus kita ikhtiar," katanya.  

"Masyarakat percaya pada institusi yang kredibel yaitu gugus tugas Covid-19 di mana saya ketuanya juga." 

"Jangan terlalu terbawa dalam diskusi narasi yang kurang produktif. Yakini bahwa pemerintah memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui proses yang kita tunggu yaitu hadirnya vaksin ini," jelasnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil blusukan di Situ Cisanti, titik nol Sungai Citarum di akhir pekan

Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Aprillia Ika

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Ridwan Kamil Resmi Mendaftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19"

 

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru