RS Pupuk Kaltim menambah ruang ICU khusus Covid-19 menjadi total 9 kamar

Senin, 12 Juli 2021 | 13:50 WIB   Reporter: Vina Elvira
RS Pupuk Kaltim menambah ruang ICU khusus Covid-19 menjadi total 9 kamar


COVID-19 - JAKARTA. Menindaklanjuti arahan Kementerian BUMN, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) akan memaksimalkan kemampuannya untuk membantu penanganan dan antisipasi Covid-19 di sekitar perusahaan.

Peningkatan kapasitas Rumah Sakit (RS) jadi fokus PKT, guna memitigasi puncak gelombang kedua Covid-19 di Kaltim.

Selain itu, untuk menjaga ekosistem masyarakat di sekitar perusahaan, PKT juga terus memaksimalkan fasilitas akses tes Covid-19 di RS PKT, yang menjadi satu-satunya RS di Bontang yang memiliki Laboratorium Biomolekuler Polymerase Chain Reaction (Lab PCR).

Tercatat sejak didirikan sebagai Lab PCR pertama di Bontang pada September 2020 hingga 7 Juli 2021, lab tersebut telah melakukan tes pada lebih dari 36 ribu spesimen, baik spesimen dari karyawan, keluarga karyawan, hingga masyarakat.

Baca Juga: KPSI angkat bicara soal vaksinasi berbayar, apa katanya?

“Selain memastikan kapasitas, pelayanan dan penanganan maksimal di RS PKT yang juga salah satu RS rujukan penanganan Covid-19, PKT juga turut memberikan beragam dukungan dan bantuan bagi lima RS di Bontang,” kata Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi dalam keterangan resminya, Senin (12/7).

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam hal peningkatan kapasitas RS PKT,  PKT telah menambah kamar ICU khusus Covid-19 menjadi total 9 kamar.

Kemudian ruang isolasi dengan total 110 tempat tidur, satu alat donor plasma konvalesen, serta 400 APD dan 180 paket penambah imun bagi tenaga medis yang telah disalurkan ke lima rumah sakit dan puskesmas di sekitar wilayah Bontang dan Kaltim.

"Sembako dan hidangan siap makan juga telah disalurkan oleh perusahaan bagi ratusan masyarakat Bontang yang sedang menjalani isolasi mandiri. Guna mempercepat proses distribusi bantuan, PKT juga memberdayakan para mitra binaan perusahaan dalam memproduksi APD dan menyalurkan sembako serta hidangan siap makan. Kemampuan dan keahlian perusahaan dalam memproduksi oksigen juga diharapkan mampu mempercepat distribusi bagi rumah sakit yang sedang membutuhkan," tambahnya.

Baca Juga: Penting dikenali! Ini 11 gejala Covid-19 yang sering muncul

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama RS PKT, Grup Nurul Fathoni mengatakan, dengan adanya Laboratorium PCR satu-satunya di wilayah Bontang, dapat semakin mempercepat penanganan Covid-19 karena testing dan testing dapat dilakukan secara cepat, efektif dan efisien.

Selain itu, kehadiran alat plasma konvalesen di RS PKT juga memungkinkan donor plasma konvalesen dari penyintas kepada pasien Covid-19, sehingga diharapkan dapat turut mempercepat penanganan pandemi korona.

“Melalui langkah proaktif dan sinergitas yang cepat di antara perusahaan BUMN ini, kami percaya bahwa bersama - sama kita semua mampu melewati pandemi ini. Selain fokus untuk tetap menjaga produktivitas perusahaan guna menjaga ketahanan pangan nasional di tengah pandemi ini, Pupuk Kaltim juga akan terus secara aktif mengerahkan kemampuan dan keahlian kami untuk membantu penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru