RS Siloam Makassar rapid test 250 personel Lanud Sultan Hasanuddin

Selasa, 09 Juni 2020 | 09:46 WIB   Reporter: Sandy Baskoro
RS Siloam Makassar rapid test 250 personel Lanud Sultan Hasanuddin

ILUSTRASI. Rapid test corona 1.000 buruh di Mayday 1 Mei 2020


VIRUS CORONA - MAKASSAR. RS Siloam Makassar dan pengembang Tanjung Bunga (PT Goa Makassar Tourism Development Corp Tbk) hari ini (9/6) menyumbang dan melakukan 250 rapid test massal terhadap seluruh personel awak pesawat/air crew Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama TNI Haris Haryanto menyambut baik kerja sama. Mereka menghargai inisiatif dan kerja sama dengan Pengembang Tanjung Bunga dan Kelompok Siloam sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini.

Baca Juga: Masa transisi Covid-19, McDonald's buka layanan dine in di 10 gerai di Jakarta

"Kami berharap dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran virus corona dengan melakukan tes kepada lebih banyak pihak, khususnya terhadap jajaran kami di pangkalan. Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran COVID-19,” kata dia, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, hari ini.

Wakil Direktur Utama Siloam, Caroline Riady menyatakan kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan contact tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan.

Baca Juga: Pakar epidemiologi: Kasus Covid-19 naik turun karena penularan saat Lebaran

"Langkah ini juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Siloam siap mendukung misi dan program pemerintah dalam usaha bersama melawan Covid-19,” kata dia.

Direktur RS Siloam Makassar dr. Herry Bertus menambahkan, dalam berpartisipasi mendukung pemerintah menangani Covid-19, Siloam telah meningkatkan 30% kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan Khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Makassar.

Baca Juga: KAI perpanjang pembatalan KA reguler, termasuk kereta Jakarta-Bandung

“Laboratorium RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (real time polymerase chain reaction) testing yakni menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai 576 sampel pasien per hari dan tujuan utama testing adalah para dokter, perawat serta pekerja medis di lapangan,” ungkap Herry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sandy Baskoro

Terbaru