Sandiaga Uno Tanggapi Perhelatan Formula E Jakarta 2022

Sabtu, 04 Juni 2022 | 07:05 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Sandiaga Uno Tanggapi Perhelatan Formula E Jakarta 2022


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini perhelatan Formula E Jakarta 2022 yang digelar pada Sabtu (4/6) akan berdampak luas untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sebagaimana berkaca pada perhelatan MotoGP Mandalika pada bulan Maret lalu.

MotoGP Mandalikan 2022 sukses memberikan multiplier effect yang luar bisa pada ekonomi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sejumlah daerah lainnya.

Perhelatan tersebut memberikan nilai tambah kepada Indonesia sebesar Rp 4,5 triliun. Pertumbuhan ekonomi NTB pada triwulan I tahun 2022 sebesar 7,76%, sementara secara nasional di angka 5,01%.

Kontribusi terhadap kenaikan pendapatan domestic regional bruto (PDRB) NTB sebesar 1,46% yoy.

Sedangkan dampak MotoGP terhadap lapangan usaha yakni; 22,29% peningkatan usaha di bidang akomodasi, makanan, dan minuman. Sebanyak 15,36% peningkatan usaha pada bidang transportasi.

Produk ekonomi kreatif yang paling laku ada subsektor kuliner (50,34%), kriya (19,31%), dan fesyen (15,86%).

Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Saksikan Balapan Formula E Besok (4/6)

Pengunjung yang datang ke NTB naik secara signifikan dimana 94,81% dengan angkutan udara dan 74,91% melalui angkutan laut.

"Kami melihat dari satu acara ini efeknya begitu luar biasa. Membangkitkan ekonomi Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya. Peluang usaha dan LAPANGAN KERJA benar-benar tercipta!," ujarnya melalui unggahan di akun Instagramnya

Sandi menuturkan, event MotoGP ini diharapkan dapat memberikan semangat dalam menyambut Formula E yang diselenggarakan 4 Juni 2022.

"Ini akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita khususnya di Jakarta dan di daerah sekitar Jabodetabek. Berdasarkan data yang kami terima, dari 50% penjualan tiket ajang balap Formula E sudah terjual oleh Warga Negara Asing (WNA) sebanyak 14.800 tiket dari total 52.500 kursi yang disediakan sudah laku terjual," paparnya.

"Insya Allah, ajang Formula E di Jakarta juga akan berdampak luas untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sukses dan lancar untuk perhelatannya. Sampai jumpa di Ancol," tutup Sandi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru