Satu Tersangka untuk Menguak Penipuan Investasi Menguras Duit Pinjol di Kota Bogor

Jumat, 18 November 2022 | 18:59 WIB Sumber: TribunNews.com,Kompas.com
Satu Tersangka untuk Menguak Penipuan Investasi Menguras Duit Pinjol di Kota Bogor

Polisi menggiring SAN, tersangka kasus penipuan investasi bodong saat rilis di Polres Bogor, Jumat (18/11/2022). .


PINJAMAN ONLINE - JAKARTA. Polisi mengamankan SAN (29), seorang perempuan dalam kasus penipuan investasi yang membuat ratusan mahasiswa di Bogor, Jawa Barat terjerat pinjaman online. 

SAN yang memiliki toko online itu pun ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Resor Bogor. 

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan SAN tak sendiri dalam menjaring ratusan mahasiswa di Bogor dan pihaknya masih mendalami motif tersangka. 

SAN diketahui bukan seorang mahasiswa IPB melainkan seorang perempuan yang berprofesi sebagai pedagang elektronik. 

Ia diduga kuat dibantu oleh orang lain untuk mengenal para mahasiswa IPB tersebut.  Lalu SAN menawarkan investasi dengan keuntungan 10% dalam projek. 

Baca Juga: Kasus Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, SWI: Ini Kasus Penipuan

"Informasinya ada yang membantu namun kami masih melakukan pemeriksaan secara pro justitia. Nanti kami akan meminta keterangan juga terhadap orang-orang yang membantu berjalanannya pengumpulan mahasiswa yang pada akhirnya mereka jadi korban pinjol," ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor (WR) 1 Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB Universty, Drajat Martianto. 

"Dia orang luar, dia adalah pengusaha daring, dia punya toko online. Nah, kemudian dengan toko online itulah, dia memanfaatkan situasi untuk menjerat mahasiswa-mahasiswa ini agar bekerja sama dengan yang bersangkutan," terang Drajat. 

Menurutnya, motifnya adalah untuk meningkatkan rating toko. Mahasiswa lantas dibujuk meminjam ke pinjol agar bisa membeli produk tersebut dengan janji keuntungan 10%. 

"Nah, mahasiswa diikat oleh suatu perjanjian. Karena itulah beberapa di antara mereka khawatir," terang Drajat. 

Salah seorang korban, DG menjelaskan SAN dikenal sebagai freelancer jasa pembuatan ATM. 

"Perempuan yang jelas. Lalu, lebih tua dari saya, umurnya 29 tahun, dia berjilbab. Terakhir dia kerja freelancer di salah satu bank. Untuk buka jasa buka ATM," kata DG dijumpai di Mako Polresta Bogor Kota dikutip dari Tribunnews Bogor. 

Baca Juga: Ramai Kasus Pinjol Mahasiswa IPB, Begini Respons Kredivo

DG melanjutkan, dia mengenal DG ini pertama kali lewat adiknya yang juga mengalami nasib serupa dengannya. 

"Setahu saya dia bukan mahasiswa IPB. Saya juga bukan IPB dan adik saya bukan IPB. Kenalnya saya dari adik saya yang teman dari SAN ini," tambahnya. 

Alhasil, saat ini, DG harus membayar sekitar 6 juta tunggakannya atas koneksinya dengan SAN ini. 

"Total tagihan saya ada Rp 6 juta, kalau adik saya Rp 20 juta. Rp 6 juta itu saya 7 kali ajukan pinjol. Saya juga diminta belanja barang di toko online dia. Barangnya aksesoris HP," ungkapnya. 

Namun, sebelum dirinya melaporkan kepada pihak kepolisian, DG sempat menemui SAN di kediamannya. 

Bukannya mendapat jawaban, DG justru mendapat permasalahan baru. SAN yang didatangi olehnya enggan untuk membayar tagihannya itu. 

"Karena saya sempat datangi dia tapi tidak ada hasil apa apa. Tagihan tetap menunggak. Sempat kasih waktu 30 hari itu ada perjanjian, tapi setelah itu pelaku tidak ada inisiatif hubungi korban. Kesimpulan kami dia tidak mau bayar tagihan kami," kata dia. 

Dirinya pun kini harus rela berhadapan dengan debt colector yang kerap menggangu dirinya. Bahkan, tercatat olehnya, puluhan kali debt collector ini menagih melalui sambungan telepon. 

Baca Juga: Mahasiswa IPB Beberkan Kronologi Kasus Pinjol dengan Kerugian Miliaran Rupiah

"Sempat, pernah satu hari 22 kali ditelepon debt colector. Di WA sampai 15 kali tapi alhamdulillah setelah dijelaskan pihak aplikasi mulai kendor nih nagihnya sekarang, mereka juga kooperatif," tambahnya. 

Dirinya pun kini terus melengkapi berkas laporan kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polresta Bogor Kota. 

"Hari ini dalam rangka menambah berkas, ada korban bertambah. Saya kan posting berita soal penipuan via instagram. Terus banyak tuh yg DM yang juga ngaku ketipu sama pelaku. Akhirnya kita kumpulin semua, sekarang ada 333 orang. Itu sudah termasuk yang di IPB juga," tandasnya.   

Sosok SAN pun terungkap pernah bertempat tinggal di kontrakan wilayah Tegak Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. 

Tempat tinggal itu ada di gang sempit diantara rumah warga, SAN dan keluarganya pernah mengontrak di wilayah itu. 

Namun, saat ini SAN sudah pindah ke wilayah Ciomas Bogor. Ketua RT setempat, Kamaludin menceritakan, bahwa dirinya mengenal SAN sebagai sosok seseorang yang sopan. 

SAN tinggal bersama keluarganya di kontarakan yang berada tepat di depan rumah Kamaludin. Saat pertama kali mengontrak, SAN mash duduk di bangku SD. 

SAN diketahui yatim dan ia tinggal bersama empat anggota keluarga yakni ibu, kakak dan adiknya di kontrakan tersebut. 

Baca Juga: Bertambah, Mahasiswa IPB yang Jadi Korban Pinjol Sudah Ada 331 Orang

"Dia orangnya sopan. Ga pernah macam-macam. Sama tetangga juga sopan menghargai lah istilahnya. Nah, terakhir dia mengontrak di kontrakan depan rumah saya ini, yang sekarang warung," kata RT Kamal saat disambangi di kediamannya, Rabu (16/11/2022) malam dikutip dari Tribunnews Bogor. 

"Ngontrak disini sudah lama sejak dia masih SD, saya juga belum jadi RT. Dia anak yatim, dia tinggal 4 anggota keluarga, ibunya, kakaknya sama adiknya. Tahun nya saya lupa tahun berapa, dia masih SD atau SMP. Pokonya dia ngga lahir disini," tambah dia. 

Menurut Kamal, kehidupan SAN normal-normal saja. Namun semenjak bekerja, SAN kerap dirundung masalah bahkan sering terlihat ribut dengan keluarganya. 

"Dulu masih sekolah, normal kehidupannya ngga neko-neko. Tapi akhir-akhir ini setelah dia kerja banyak masalah. Dia sering berantem sama ibunya sendiri, sama kakaknya juga, jadi memang meresahkan kalau mau disebut begitu, itu karena berisiknya itu," ungkapnya. 

"Kalau lagi ribut sama ibu atau kakaknya memang sering teriak teriak kaya kesurupan. Memang karakternya begitu. Saya juga kadang kesitu nyamperin, terus adem lagi, besoknya baikan lagi mereka, sudah boncengan lagi, aneh saya juga makanya," tambahnya. 

Kamal memastikan bahwa memang sejauh ini, masalah dari SAN hanya sebatas itu. "Sejauh ini masalah dia cuma begitu gitu aja. Kalau sampe punya masalah sama tetangga atau warga lain disini mah enggak pernah," tambahnya. 

Baca Juga: 126 Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Cek Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2022

Namun ia bercerita kontrakan SAN pernah didatangi pihak perusahaan tempatnya bekerja yang mengaku SAN menggelapkan uang perusahaan. Saat itu pihak perusahaan juga menemui Kamal yang menjabat sebagai Ketua RT di periode tahun 2018. 

Nilai uang yang digelapkan mencapai Rp 45 juta. "Dia kerja di marketing, ngga tau gimana ceritanya dia bilang di celuler gitu. Jualin kartu perdana gitu. Di daerah Bekasi. Nah itu kasus tuh, dia dilaporin sama tempat kerjanya," kata dia. 

"Orang perusahaan sempat datang ke saya, tanya tanya soal dia. Orang itu bilang dia menggelapkan uang. Dia bawa surat panggilan polisi. Kalau enggak salah dari Polres Bekasi itu pemanggilan. Pada 2018an, sudah lama juga itu. Nilainya Rp 45 juta lah. Itu penjualan kartu perdana," ungkapnya. 

Ia menduga kasus tersebut selesai atas bantuan pihak keluraganya yang dikenal sebagai orang berada. 

"Tapi masalah itu selesai, enggak tahu ya selesainya gimana. Mungkin ada bantuan keluarga besar atau apa ya, saya kurang tau bagaimana penyelesaiannya. Tapi selesai, adem setelah itu. Dia tetap ada disini (kontrakan) juga," tambahnya. 

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Pinjol Ilegal & Cara Cek Pinjol Legal

Ternyata permasalahan yang diterima SAN bukan hanya sekali. Namun Kamal memilih tak melibatkan diri. 

"Banyak masalah, banyak yang datang tapi saya enggak tanggapi karena saya kira enggak akan melibatkan saya, jadi saya anggap angin lalu lah ya. Setelah itu ada lagi datang, masalah lagi itu, tapi saya enggak tangggepin dah kalau yang itu, bilangnya dari perusahaan juga, enggak tahu itu perusahaan mana gitu," ungkapnya. 

Kasus serupa juga dialami SAN pada tahun 2022. SAN yang disapa Butet itu diketahui menggadaikan sertifikat rumah kontrakan yang ia akali agar bisa jadi syarat membeli mobil. 

"Terbaru itu, kaget juga saya, karena menurut saya itu kok anak sekecil itu sudah berani memalsukan AJB rumah kontrakan yang dia tempati. Kan saya tahu itu kontrakan siapa, enggak mungkin dia punya AJBnya kan. Nah saya lagi pelatihan nih, istri saya telpon, pak ini ada dari leasing. Jadi katanya dia enggak pernah bayar, tapi unit monilnya enggak ada," jelasnya. 

"Kejadian itu bulan Oktober. Dia pindah rumah ke Ciomas kan Maret. Akhirnya pihak leasing itu ngomong, kalau SAN itu agunkan rumah kontrakan yang diakui sebagai rumahnya. Saya lihat AJB itu meragukan," imbuhnya. 

Setelah kasus tersebut dan kepindahannya ke Ciomas, beberapa mahasiswa yang mengaku dari IPB juga berdatangan mencari SAN. Sekitar periode bulan Agustus 2022, sejumlah mahasiswa hilir mudik mencari keberadaan dari SAN ini. 

"Terus datang lah itu banyak mahasiswa IPB, mereka cuma menanyakan saja rumahnya di situ atau bukan. Mereka juga tanya sehari hari kaya apa gitu. Saya jawab aja. Dia sopan orangnya, enggak pernah bikin masalah sama orang sini mah. Galak juga sama keluarganya saja," tambahnya. 

Dari situlah, Kamal kembali mengetahui, bahwa SAN terlibat kasus kembali. Mahasiswa IPB itu bercerita kepada Kamal, bahwa dirinya merasa tertipu dengan ajakan yang bermula dari kerjasama. 

Baca Juga: 9 Ciri-ciri Pinjol Ilegal yang Patut Diwaspadai, Jangan Sampai Terjerat

"Terus mereka cerita, saya tuh diajak kerjasama, kami kan punya even dan dia itu sponsor untuk pendanaan segala macem, akhirnya saya ketipu. Uangnya enggak ada," tambahnya. 

Teranyar, sekitar dua pekan lalu, kata Kamal, seorang bapak pun kembali mencari keberadaan dari SAN. Kepada dirinya, bapak itu mengaku bahwa anaknya tertipu oleh SAN. 

"Nah dua minggu lalu ya ada bapak-bapak nanya juga ke saya gitu. Katanya anaknya ketipu. Udah bikin laporan juga. Cuman belum kuat karena kan semacam kerjasama gitu. Karena anaknya dapat untung dari investasi katanya. Pernah dapat juga," imbuhnya. 

Meski begitu, diakui Kamal, SAN tidak pernah sama sekali membuat kasus dengan warga di wilayahnya ini. 

Bahkan, untuk sekedar menawarkan investasi maupun pinjaman online tidak pernah dilakukan oleh SAN. 

"Disini enggak pernah nawarin, ke ibu ibu atau apa gitu. Saya juga enggak tahu dia punya OL Shop, tau dari berita saya baca. Nawarin beli aja enggak pernah," tambahnya. 

"Saya enggak percaya sebetulnya ada aduan dari anak mahasiswa gitu. Masa sih sampe begitu, makanya saya ngga percaya juga," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sosok SAN, Perempuan yang Tipu Ratusan Mahasiswa di Bogor hingga Terjerat Pinjol, Kerap Ribut dengan Keluarga", Klik untuk baca: https://bandung.kompas.com/read/2022/11/18/104500978/sosok-san-perempuan-yang-tipu-ratusan-mahasiswa-di-bogor-hingga-terjerat?page=all

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru