Sebanyak 142 mahasiswa asal Jateng terjebak lockdown di Sudan

Rabu, 13 Mei 2020 | 07:20 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 142 mahasiswa asal Jateng terjebak lockdown di Sudan

ILUSTRASI. Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Sampel virus diambil dari seorang pasien AS yang terinfeksi. Para ahli menambahkan gambar agar lebih tampak.


DAMPAK VIRUS CORONA - SEMARANG. Sebanyak 142 mahasiswa asal Jawa Tengah saat ini masih terjebak di Sudan. Mereka tidak bisa pulang ke kampung halamannya karena Sudan menerapkan lockdown selama wabah virus corona.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo baru mengetahui ada 142 warganya yang terjebak di Sudan setelah ada satu orang di antara mereka bercerita lewat Instagram.

"Kemudian ada yang masuk dari Sudan. 'Pak boleh tidak ngobrol', kemudian saya pencet lalu ngobrol. Ternyata dia sudah pernah mengirim surat, tapi tidak tahu di mana suratnya," kata Ganjar di Semarang, Selasa (12/5/2020).

Baca Juga: Waspada, kekhawatiran gelombang kedua wabah corona membayangi IHSG

Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar Indonesia di Sudan terkait dengan kondisi seratusan mahasiswa tersebut.

Para mahasiswa tersebut, kata dia, sudah tidak mendapat kiriman uang dari orang tua masing-masing. Menanggapi hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah mengirimkan bantuan.

"Kita sudah ketemu Ketua Baznas, Biro Kesra kita dan sudah kita berikan nomor teleponnya mudah-mudahan bisa segera dikirim," kata Ganjar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "142 Mahasiswa Asal Jateng Terjebak Lockdown di Sudan",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru