Sebanyak 16 orang yang datang dari China ke Medan diobservasi selama 14 hari

Selasa, 11 Februari 2020 | 16:41 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Sebanyak 16 orang yang datang dari China ke Medan diobservasi selama 14 hari

ILUSTRASI. Ada 16 orang yang terdiri dari tiga orang warga negara asing dan 13 orang warga Kota Medan yang saat ini menjalani observasi rumah selama 14 hari.


VIRUS CORONA - MEDAN. Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi menyebut ada 16 orang yang terdiri dari tiga orang warga negara asing dan 13 orang warga Kota Medan yang saat ini menjalani observasi rumah selama 14 hari.

Hal tersebut dilakukan karena diketahui baru datang dari China. Dijelaskannya, observasi rumah tersebut adalah upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona setelah koordinasi dengan tingkat provinsi. Observasi ini dilakukan setelah adanya koordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Menurut Edwin, 16 orang tersebut baru datang dari China, tapi bukan dari Wuhan dalam tiga kali kedatangan, tidak sekaligus bersamaan tiba di Sumut. "Itu kami lakukan observasi rumah, bukan karantina. Setelah kita dapat data 16 orang yang baru datang dari China, kami tugaskan petugas surveilance khusus untuk melakukan pengamatan, mudan-mudahan 16 orang itu sehat terkendali," kata Edwin, Selasa (11/2).

Baca Juga: Virus corona sengat bisnis wisata Singapura hingga menukik 30%

Edwin menambahkan, 16 orang tersebut terdiri dari 3 orang warga negara asing yang berstatus sebagai tenaga kerja asing dan 13 orang lainnya merupakan warga Kota Medan. Warga Kota Medan itu, kata dia, baru berkunjung ke berbagai wilayah di China dengan berbagai kegiatan mulai sebagai mahasiswa, kunjungan wisata dan keluarga. 

Sebanyak 16 orang tersebut merupakan orang dewasa. Ada yang keluarga namun hanya dua orang. Warga Medan itu, tersebar di beberapa kecamatan di Medan, mulai dari Medan Timur, Medan Utara dan lainnya.

"Berdasarkan data dari KKP, kami lakukan observasi rumah sampai 14 hari. Sampai sekarang mereka tetap dalam keadaan sehat terkendali," kata Edwin.

Baca Juga: Akibat wabah virus corona, Sony batal hadir di MWC 2020

Meskipun demikian, pihaknya memberikan perlakuan pelayanan dan pengamatan kesehatan yang sama kepada 16 orang tersebut. Pihaknya berharap agar yang bersangkutan tetap kooperatif setelah diberikan penjelasan.

"Kalau ada keluhan-keluhan yang mengganggu kesehatan, misalnya demam, batuk, sesak, laporkan kepada petugas," katanya. "Kami harapkan kooperatif. Terus bisa berhubungan dan kami bisa melakukan pengamatan ketat selama 14 hari," pungkas Edwin. (Dewantoro)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 16 Orang Baru Datang dari China ke Medan, Diobservasi di Rumah untuk Cegah Virus Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru