Sebanyak 186 orang diduga terjangkit DBD di NTB

Rabu, 05 Februari 2020 | 10:38 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 186 orang diduga terjangkit DBD di NTB

ILUSTRASI. Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk di kawasan kota Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (6/2/2019). Dari jumlah suspect DBD bisanya terdapat 60% yang positif DBD.


KESEHATAN - LOMBOK BARAT. Memasuki awal Februari 2020, sebanyak 186 orang diduga terjangkit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Dari data terakhir kami, hingga kini sudah ada 186 orang suspect DBD, tersebar di kabupaten/kota di NTB," ujar Kepala Dinas Kesehatan NTB Nurhandini Eka Dewi, Selasa (4/2).

Nurhandini menjelaskan, dari pengalaman tahun 2018, dari jumlah suspect DBD bisanya terdapat 60% yang positif DBD. Menurut Nurhandini, apabila wilayah NTB positif terjangkit wabah DBD, maka akan diumumkan pada Maret 2020 mendatang.

Baca Juga: Musim hujan dan banjir, lakukan tip berikut agar badan tetap sehat

Sebab, pada saat ini pihaknya masih dalam tahap observasi suspect DBD. Menurut Nurhandini, jumlah suspect DBD terbesar terdapat di Lombok Barat yang mencapai 64 orang.

Untuk mengantisipasi penyebaran DBD, pihak Dinas Kesehatan terus rutin melakukan pengasapan atau fogging di wilayah-wilayah yang banyak terdampak suspect DBD. (Idham Khalid)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Warga NTB Mulai Terjangkit DBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru