CLOSE [X]

Sebanyak 4.188 Ternak di Kabupaten Bandung Positif PMK

Senin, 20 Juni 2022 | 09:30 WIB Sumber: Kompas.com
Sebanyak 4.188 Ternak di Kabupaten Bandung Positif PMK

ILUSTRASI. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan. ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 4.188 ekor hewan ternak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, positif terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Angka tersebut, terdiri dari sapi, kerbau, domba, dan kambing. 

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, PMK di Kabupaten Bandung sudah menyebar di 29 kecamatan dan 69 desa. 

"Kecamatan Pangalengan paling tinggi ada 2.289 ekor, dan paling tinggi kedua Kecamatan Kertasari ada 831 ekor," kata Tisna melalui pesan singkat Kepada Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Hewan ternak yang positif PMK di Kabupaten Bandung, sambung dia, tidak semuanya dimusnahkan. Sebab ada juga yang sembuh.  Tisna merinci, sebanyak 222 ekor ternak mati, 346 ekor potong bersyarat, dan sembuh sebanyak 1.054 ekor. 

Baca Juga: Apakah Daging Sapi Terinfeksi PMK Boleh Dikonsumsi?

"Kabupaten Bandung memang menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak peternakan, begitu juga hewan ternak potong," tutur dia. 

Kendati mengalami peningkatan yang signifikan, pihaknya mengaku, saat ini ketersediaan sapi potong di Kabupaten Bandung masih tergolong aman. Saat ini, sebanyak 13.483 ekor sapi disiapkan jelang Hari Raya Idul Adha. Sedangkan kerbau ada 21 ekor, domba 1.529 ekor, dan kambing 148 ekor.  

Membutuhkan Vaksin 

Guna menanggulangi PMK, pihaknya membutuhkan vitamin  dan vaksin. Ia mengaku belum mengetahui kapan vaksin akan datang dari pusat.  Pemerintah pusat, sambung dia, berencana membuat vaksin sendiri selain mendatangkan vaksin dari Jerman. 

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Berdikari Pasok 450 ekor Sapi bebas PMK dari Sidrap, Sulsel

"Belum dapat kabar vaksin datang kapan tapi kemarin tanya ke kementerian itu ada dua pilihan, bikin sendiri atau impor dari Jerman. Begitu ditanya kapan, pokoknya segera kalau ada segera didistribusikan katanya. Ini kan hitungannya wabah ini menyebarnya mungkin bukan perhari, tapi per detik mungkin ya, sangat cepat," bebernya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4.188 Ternak di Kabupaten Bandung Positif PMK, Distan Sebut Stok Idul Adha Aman"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru