Sejarah Hari Anak Jakarta Membaca yang Diperingati 24 Agustus dan Rangkaian Acaranya

Kamis, 24 Agustus 2023 | 10:25 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Hari Anak Jakarta Membaca yang Diperingati 24 Agustus dan Rangkaian Acaranya

ILUSTRASI. Sejarah Hari Anak Jakarta Membaca 2023.


HARI PENTING - Hari Anak Jakarta Membaca 2023 diperingati pada hari ini Kamis, 24 Agustus. Sejarah Hari Anak Jakarta Membaca pertama kali dicanangkan pada 2006 oleh Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Dikutip dari laman Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, tujuan Hari Anak Jakarta Membaca adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya membaca, memperluas wawasan, meningkatkan minat, kegemaran, kebiasaan, dan budaya baca bagi anak-anak DKI Jakarta.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Anak Jakarta Membaca 2023?  

harBaca Juga: Kumpulan Twibbon Hari Anak Jakarta Membaca 24 Agustus 2023 yang Diunggah di Sosmed!

Sejarah Hari Anak Jakarta Membaca

Pada waktu itu, Central Conneticut State University mengadakan survei bertajuk World's Most Literate Nations Ranked. Dalam survei itu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki tingkat minat baca yang sangat rendah. 

Hasil survei menyebutkan bahwa dari 61 negara, Indonesia menempati posisi dua terbawah, yakni berada di urutan ke-60.

Dikutip dari Bobo.grid.id (24/8/2022), UNESCO juga menyebutkan bahwa Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. 

Baca Juga: Link Twibbon Hari Anak Jakarta Membaca yang Diperingati Setiap 24 Agustus

Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, yakni hanya 0,001%. Artinya, setiap 1.000 orang Indonesia, hanya ada satu orang yang gemar membaca. 

Sementara itu, ada pula riset yang dilakukan oleh Programee for International Student Assesment (PISA). Pada penelitian itu, Indonesia menduduki peringkat 60 dengan skor 396 dari total 65 peserta negara untuk kategori membaca. 

Skor yang didapatkan Indonesia ini jauh dari skor rata-rata internasional yang ditetapkan oleh PISA yakni sebesar 500. Hasil ukur membaca dalam riset PISA ini mencakup memahami, menggunakan, dan merefleksikan dalam bentuk tulisan. 

Baca Juga: Apakah Batuk Berdarah Berbahaya? Simak Cara Meredakan Batuk dengan Alami

Melihat hal itu, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat pun mengadakan Hari Anak Jakarta Membaca. 

Dikutip dari buku berjudul "Pada Sebuah Kapal Buku" (2018), Gubernur Sutiyoso mencanangkan Hari Anak Jakarta Membaca pada 24 Agustus 2006.

Dari perayaan itu, setidaknya terdapat 5.000 siswa dari tingkat SD hingga SMA di Jakarta berkumpul di Monas untuk membaca buku.

Baca Juga: Tekan Stunting, BKKBN Gandeg Dexa Medica Edukasi Bidan di Blitar

Kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca 2023

Acara Hari Anak Jakarta Membaca biasanya diadakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di beberapa belahan daerah Jakarta.

Acara yang kerap diadakan dalam kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca diantaranya adalah lomba mewarnai kategori TK, lomba bercerita kategori SD, lomba baca puisi kategori SMP, lomba pidato bahasa Inggris kategori SMA/SMK, dan lomba sayembara menulis kategori mahasiswa /umum.

Untuk tahun ini, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Utara menyelenggarakan sejumlah lomba untuk memperingati Hari Anak Jakarta Membaca 2023. 

Baca Juga: Frisian Flag Indonesia Gandeng Octopus Perkuat Program Pemilahan Sampah

Beberapa lomba tersebut diantaranya adalah:

  • Lomba Bercerita
  • Lomba Membuat Komik Strip 
  • Lomba Pidato Bahasa Indonesia 
  • Lomba Membaca Puisi
  • Lomba Menggambar dan Mewarnai

Baca Juga: 5 Tanda Anak Perlu Segera Cek Kesehatan Mental, Moms Kudu Tahu Nih!

Berbagai lomba Hanjaba 2023 tersebut dilaksanakan pada 22 dan 23 Agustus 2023. Sementara itu, penyerahan hadiah untuk pemenang lomba Hanjaba 2023 dilakukan pada 24 Agustus 2023 di Kantor Walikota Jakarta Utara. 

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Sudin Pusip Jakarta Utara telah melaksanakan sosialisasi lomba Hanjaba 2023 pada 10 Agustus 2023 dan melakukan seleksi peserta lomba.  

Demikian informasi mengenai sejarah Hari Anak Jakarta Membaca dan berbagai kegiatan untuk merayakan Hari Anak Jakarta Membaca 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru