Sejarah Kota Ambon, Berdiri Sejak Masa Penjajahan Portugis

Kamis, 07 September 2023 | 08:42 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Kota Ambon, Berdiri Sejak Masa Penjajahan Portugis

ILUSTRASI. Sejarah Kota Ambon.


SEJARAH - Hari lahir atau hari jadi Kota Ambon telah diputuskan jatuh pada 7 September 1575. Sehingga, pada 7 September 2023 Kota Ambon genap berusia ke-448 tahun. 

Sejarah Kota Ambon yakni pada 1575 ketika dibangunnya Benteng Portugis di Pantai Honipopu yang disebut Benteng Kota Laha atau Ferangi.

Kemudian, masyarakat mulai mendiami sekitar benteng. Sementara tanggal 7 September berdasarkan peristiwa pada 7 September 1921 ketika masyarakat Kota Ambon diberi hak yang sama dengan Pemerintah Kolonial sebagai manifestasi hasil perjuangan rakyat Indonesia asal Maluku.

Lantas, seperti apa sejarah Kota Ambon? 

Baca Juga: 15 Twibbon HUT ke-448 Kota Ambon 7 September 2023, Yuk Bagikan di Media Sosial!

Sejarah Kota Ambon

Dikutip dari laman resmi Kota Ambon, tahun 1575 diambil sebagai patokan sejarah lahirnya Kota Ambon berdasarkan fakta sejarah dimana sekitar tahun tersebut sudah dimulai pembangunan benteng "Kota Laha" oleh Portugis di dataran Honipopu. 

Benteng Portugis yang dibangun tersebut diberi nama "Nossa Senhora de Anuneida". 

Pembangunan benteng tersebut mengerahkan penduduk di sekitarnya seperti penduduk desa Kilang, Ema, Soya, Hutumuri, Halong, Hative, Seilale, Urimessing, Batu Merah, dan lain-lain. 

Dalam perkembangannya, kelompok pekerja benteng mendirikan perkampungan yang disebut "Soa". Kelompok masyarakat inilah yang menjadi dasar dari pembentukan Kota Ambon atau Citade Amboina. 

Baca Juga: 20 Twibbon Hari Pamong Praja 2023 yang Diperingati Setiap 8 September

Datangnya migrasi dari Ternate

Pemukiman dan aktivitas masyarakat di sekitar Benteng semakin meluas dengan kedatangan migrasi dari utara terutama Ternate. 

Migrasi ini terdiri dari orang-orang Portugis, pedagang Nusantara, dan pengungsi orang-orang Portugis dari kerajaan Ternate yang dipimpin oleh Sultan Baabullah. 

Peristiwa kekalahan Portugis tersebut membawa konsekuensi bertambahnya masyarakat yang tinggal di sekitar Benteng. 

Baca Juga: Segar Kumala (BUAH) Ekspansi ke Distribusi Ayam Beku, Begini Rencana Bisnisnya

Penetapan 7 September sebagai Hari Jadi Kota Ambon 

Sementara itu, penetapan tanggal 7 September sebagai Hari Jadi Kota Ambon berdasarkan peninjauan sejarah bahwa pada tanggal tersebut masyarakat Kota Ambon diberikan hak yang sama dengan pemerintah kolonial Belanda sebagai manifestasi perjuangan rakyat Indonesia asal Maluku. 

Ditinjau dari segi politik nasional, momentum ini adalah suatu kekalahan politis dari bangsa penjajah. 

Sementara ditinjau dari segi yuridis formal, 7 September merupakan tanggal dimulainya Kota Ambon memainkan peranan di dalam pemerintahan seirama dengan politik penjajah pada saat itu. 

Demikian sejarah Kota Ambon dan HUT Ambon yang diperingati 7 September. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru