Sejumlah atlet dan official PON tepapar Covid-19, begini respons JK

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 07:00 WIB Sumber: Kompas.com
Sejumlah atlet dan official PON tepapar Covid-19, begini respons JK


COVID-19 - YOGYAKARTA. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Indonesia Jusuf Kalla (JK) angkat bicara soal banyaknya atlet yang terpapar saat mengikuti pertandingan PON XX Papua. 

Mantan Wakil Presiden RI itu menyampaikan, dalam perhelatan PON XX Papua memang banyak orang yang berkumpul, sehingga kemungkinan besar terjadi penularan. 

"Ya, memang selama banyak orang berkumpul mungkin tanpa menjaga jarak dalam pertandingan susah, begitu banyak orang memang kemungkinan (penularan) ada, ujar JK setelah melantik pengurus PMI DIY, di Bangsal Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (8/10). 

Dia meminta kepada pemerintah daerah beserta jajarannya, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk terus melakukan tracing kepada atlet atau peserta lainnya yang terpapar Covid-19. "Pemerintah daerah di sana juga Dinas Kesehatan untuk men-tracing itu dengan siapa bergaulnya supaya dapat di-treatment dengan baik," kata dia. 

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 dosis lengkap capai 47% target hingga 8 Oktober

Dia menambahkan dalam kasus penularan Covid-19 di PON XX Papua PMI turut membantu penanganan Covid-19. "Ya PMI selalu ada di mana ada event-event permintaan. Dan juga PMI di Papua aktif untuk itu," kata dia. 

Diberitakan sebelumnya, Pengurus Besar (PB) PON XX Papua 2021 menyebut dalam data terkininya bahwa ada 24 orang terpapar Covid-19. "Mereka terdiri dari atlet, pelatih, wasit, dan panitia pelaksana," kata pernyataan PB PON XX Papua 2021, Kamis (7/10). 

Secara rinci, mereka yang terpapar berasal dari Kota Jayapura sebanyak 10 orang, Kabupaten Jayapura (7), Kabupaten Mimika (3), dan Kabupaten Merauke (4). 

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Kamis (7/10) mencatat ada sembilan kontingen pada PON XX Papua 2021 terpapar Covid-19, yakni dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jambi, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Papua. PON XX Papua 2021 berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. 

Ada empat klaster penyelenggara yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. 

Baca Juga: Data Corona Indonesia, 8 Oktober: Tambah 1.384 kasus baru, tetap jaga prokes

Catatan BNPB juga menunjukkan ada 8 cabang olahraga menjadi sumber paparan kasus baru Covid-19. Ke-delapan cabor itu adalah sepatu roda, sofbol, kriket, panahan, bola basket, judo, wushu, dan catur. 

"Saat ini, sebanyak 29 atlet dan ofisial dari berbagai daerah terpapar Covid-19," kata Supervisor Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura Asep Chaerudin. (Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jusuf Kalla Angkat Bicara Soal Penularan Covid-19 di PON XX Papua"

Selanjutnya: Di tempat-tempat ini Anda bisa tertular virus corona, jangan lengah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru