Selesaikan Proses Sertifikasi, Uji Coba Operasi Kereta Cepat Mundur ke September

Kamis, 10 Agustus 2023 | 05:58 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Selesaikan Proses Sertifikasi, Uji Coba Operasi Kereta Cepat Mundur ke September

ILUSTRASI. Uji kereta inspeksi KCJB menggunakan dua rangkaian KA gandeng.


KERETA CEPAT - JAKARTA. Rencana uji coba pra operasi kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) mundur ke awal September 2023. Semula, rencana uji coba pra operasi kereta cepat akan dilakukan pada 18 Agustus 2023.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, uji coba operasional terbatas KCJB perlu memastikan berbagai aspek khususnya keselamatan, keamanan dari sisi prasarana maupun sarana. Selain itu juga menyangkut integrasi dengan moda transportasi lain.

"Selain itu juga perlu menyelesaikan proses sertifikasi sesuai prosedur yang berlaku. Kami selaku regulator fokus pada upaya-upaya tersebut yang harus dapat dipenuhi oleh para stakeholders," kata Adita kepada Kontan.co.id, Rabu (9/8).

Baca Juga: Laju Kecepatan Kereta Api Semakin Kencang, Dari 80 Km/Jam Jadi 120 Km/Jam

Untuk memastikan program uji coba pada masa pra operasi kereta cepat relasi Jakarta - Bandung dapat berjalan dengan baik, saat ini PT KCIC terus melakukan persiapan diberbagai sisi.

"Uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba kereta cepat relasi Jakarta - Bandung tanpa dikenakan biaya," kata Eva Chairunisa General Manager Corporate Secretary KCIC.

Ia menambahkan, sebagai moda transportasi kereta cepat pertama di Indonesia maupun di Asia Tenggara, pengoperasian kereta cepat relasi Jakarta - Bandung memerlukan persiapan yang sangat matang.

Oleh karena itu, seluruh aspek akan dipersiapkan dengan baik serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan kereta cepat.

"Adapun uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dan berjalan dengan lancar. Saat ini KCIC juga terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional dapat berjalan dengan baik nantinya saat dioperasikan," imbuh Eva.

Secara paralel KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana kereta cepat bersama Kementerian Perhubungan. KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi.

"Seluruh kesiapan baik operasional maupun fasilitas stasiun terus KCIC persiapkan, salah satunya terkait stasiun. Nantinya saat stasiun mulai melayani penumpang maka dipastikan akses yang tersedia telah siap digunakan," tuturnya.

Pada masa uji coba gratis tersebut, KCIC akan melibatkan berbagai stakeholder khususnya masyarakat di sekitar trase kereta cepat.

Pelibatan warga sekitar trase kereta cepat ini sebagai bentuk apresiasi KCIC atas peran serta dan dukungan masyarakat sekitar trase kereta cepat hingga proses pembangunan kereta cepat dapat berjalan lancar.

Selain itu juga akan ada kesempatan bagi masyarakat lainnya yang ingin mengikuti uji coba gratis dengan melakukan pendaftaran secara mandiri.

Adapun mekanisme dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin mengikuti ujicoba gratis akan segera diumumkan secara resmi melalui saluran informasi PT KCIC.

Baca Juga: KCIC Kebut Persiapan Jelang Uji Coba Pra Operasi KA Cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru