Sempat mengajar daring dari ruang perawatan, dosen UNS meninggal karena virus corona

Selasa, 29 Desember 2020 | 17:58 WIB Sumber: TribunNews.com
Sempat mengajar daring dari ruang perawatan, dosen UNS meninggal karena virus corona

ILUSTRASI. Mahasiswa masuk melewati gerbang masuk UNS Surakarta di Jalan Ir Sutami, Kecamatan Jebres, Solo, Jumat (14/6/2019).


VIRUS CORONA - SOLO. Kabar duka datang dari Universitas Sebelas Maret atau UNS. AT, dosen Fakultas Ilmu Budaya Bidang Filologi, meninggal karena terjangkit virus corona baru.

Dosen UNS tersebut mengembuskan napas terakhir pada Minggu (27/12) pukul 19.00 WIB saat menjalani perawatan di Rumah Sakit UNS Sukoharjo. Dan, ketika dirawat, ia sempat memberi kuliah daring. 

Sebuah rekaman audio saat AT mengajar tersebar di grup WhatsApp. Dalam rekaman tersebut, dia selesai memberikan kuliah Pendidikan Agama Islam dan sempat menjadwalkan ujian akhir semester pekan depan.

Berikut isi rekaman audio tersebut: 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sebelumnya mohon maaf, suara saya terbata-bata. Untuk materi kuliah Pendidikan Agama Islam saya akhiri. Minggu depan, pekan depan langsung ujian akhir semester. Hal ini disebabkan karena saya sakit. Sekarang saya terpapar Covid-19 dan diisolasi di RS UNS. Jikalau saudara mendokan, cukup mendoakan dalam hati dan lisan, tidak usah diungkapkan lewat WA. Oleh karena itu, pekan depan ujian akhir semester. Sekian, terima kasih.

Baca Juga: Kejar herd immunity, pemerintah incar 660 juta dosis vaksin corona

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, rekaman tersebut ketika AT memberikan kuliah pada Jumat (25/12) pekan lalu.

"Jumat malam sempat ngasih kuliah Agama Islam. Jumat itu beliau baru mulai dirawat di RS UNS setelah sempat isolasi mandiri," kata Jamal kepada TribunSolo.com, Senin (28/12).

Jenazah AT langsung dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19. "Saya sudah minta Direktur RS UNS melakukan tracing kepada keluarganya," ujar Jamal.

Menurut Jamal, AT sudah lama tidak berkontak langsung dengan dosen UNS lain karena pemberlakuan kuliah daring.

Rasa kehilangan sosok AT begitu Jamal rasakan. Baginya, almarhum merupakan sosok pekerja keras. "Beliau agamanya baik, suka memotivasi teman-teman, pekerja keras, suka mengajak ibadah," kata dia. 

Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Asep Abdullah Rowi

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul BREAKING NEWS : UNS Solo Berduka Lagi, Dosen Fakultas Budaya Meninggal Akibat Terpapar Covid-19

Selanjutnya: UPDATE Corona Indonesia, Selasa (29/12): Bertambah 7.903 kasus baru, ingat selalu 3 M

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru