Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Bersama Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya

Senin, 06 Maret 2023 | 23:16 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Bersama Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya

Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya mengikutisosialisasi BPJS Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kanwil DKI Jakarta.


BPJS KETENAGAKERJAAN -  JAKARTA. Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya mengikuti sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kanwil DKI Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya. 

Sosialisasi ini diikuti oleh ratusan Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah DKI Jakarta.

Sosialisasi dilaksanakan pada Kamis, 2 Maret 2023, di balai room Polda Metro Jaya dengan tema "Bersama Membangun Desa". 

Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombespol, Badya Wijaya, menyampaikan bahwa sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada Bhabinkamtibmas untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja Indonesia hingga ke desa atau kelurahan.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Seluruh Biaya Perawatan Peserta Korban Plumpang

"Masih banyak pekerja yang belum mengetahui program, manfaat, dan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya dalam siaran pers, Senin (6/3). 

Oleh karena itu, sosialisasi ini diberikan sebagai pembekalan pengetahuan bagi Bhabinkamtibmas agar dapat membantu mendukung program pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia. 

Badya Wijaya berharap sosialisasi ini dapat diikuti dengan baik oleh peserta sehingga dapat diimplementasikan dengan baik di lapangan.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Deny Yusyulian, yang diwakili oleh Asisten Deputi Direktur Bidang Wasrik dan MR BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta Chairil Arianto, menyampaikan terima kasih karena dapat berkolaborasi dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya. 

Chairul Arianto juga menjelaskan bahwa ruang lingkup kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Polri mencakup pertukaran dan pemanfaatan data atau informasi untuk mengetahui apakah masyarakat pekerja di desa atau kelurahan sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau belum serta memberikan dukungan pencegahan ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan program jaminan sosial.

Baca Juga: Aturan Jaminan Sosial Makin Rumit

Sosialisasi terkait BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk merealisasikan target pada bulan Maret 2023, di mana Bhabinkamtibmas diharapkan sudah bisa melakukan sosialisasi dan edukasi di setiap wilayah masing-masing kepada masyarakat pekerja. 

Tujuan dari kolaborasi sosialisasi dan penanganan ketidakpatuhan adalah meningkatkan kesadaran tentang perlindungan sosial ketenagakerjaan. Harapannya, semua pekerja formal dan informal, terutama di DKI Jakarta, akan memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

Jika pekerja mengalami risiko kerja, mereka akan mendapatkan manfaat santunan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek, Mohamad Irfan menyambut baik kolaborasi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya. 

Baca Juga: Apindo Minta Kluster Jaminan Sosial Dikeluarkan dari RUU Kesehatan

"Kami dukung penuh kegiatan ini, kami juga terus konsisten dan persisten melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pekerja untuk mempercepat universal coverage dan demi mempercepat terwujudnya masyarakat yang sejahtera, " ujar Irfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru