Infrastruktur

SPKLU PLN Layani 941 Transaksi Pengisian Daya Kendaraaan Listrik pada KTT AIS 2023

Kamis, 12 Oktober 2023 | 12:18 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
SPKLU PLN Layani 941 Transaksi Pengisian Daya Kendaraaan Listrik pada KTT AIS 2023

ILUSTRASI. SPKLU yang dikelola PT PLN (Persero) mencatat sejumlah 941 transaksi pengisian daya pada KTT AIS di Bali. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


ENERGI - JAKARTA. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dikelola PT PLN (Persero) mencatat sejumlah 941 transaksi pengisian daya dengan total energi mencapai 19.217,62 kilowatt hour (kWh) sampai dengan hari pertama Selasa (10/10) pada konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN terus meningkatkan keandalan sistem operasional SPKLU. Berbagai inovasi telah dilakukan, termasuk menghadirkan SPKLU dengan teknologi terbaru dalam KTT AIS untuk menambah efisiensi waktu pengisian daya.

"Selama 3,5 tahun terakhir kami terus bertransformasi. Berbagai inovasi dan kolaborasi kami lakukan, terutama terkait transisi energi termasuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air," kata Darmawan dalam keterangan resmi, Rabu (11/10).

Baca Juga: Pemerintah Berikan Kemudahan Perizinan Berusaha SPKLU PLN Melalui OSS

Untuk KTT AIS, PLN menyediakan dua jenis SPKLU yaitu Ultra Fast Charging dan Standar Charging serta Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) Gen 2 yang memiliki 6 slot charger untuk dua venue utama kawasan ITDC dan Hotel Apurva Kempinski, Bali.

Darmawan menambahkan, dari total 28 unit SPKLU dan 20 SPLU yang disediakan, PLN mampu mencukupi kebutuhan 508 mobil listrik dan 240 motor listrik untuk para delegasi berikut pengamanannya.

Sementara itu, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menuturkan, operasional SPKLU dan SPLU PLN yang didukung dengan aplikasi PLN Mobile berhasil memudahkan proses pengisian, sehingga seluruh layanan bisa dilakukan secara digital dan cepat.

"Seluruh transaksi kami dilakukan secara digital dan real time. Semuanya bisa terkoordinasi dan terpantau secara baik. Selain itu, ada juga petugas yang terus siaga untuk membantu pelanggan," ujarnya.

Baca Juga: Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Akan Tambah 250 SPBKLU di Tahun 2023

Adi melanjutkan, sistem stasiun pengisian kendaraan listrik yang digunakan selama KTT AIS ini sekaligus menjadi wujud keseriusan pemerintah Indonesia dalam melakukan transisi energi.

Selanjutnya: Kawan Lama Solution Hadir di ALLPack Indonesia 2023 dengan Ragam Solusi Berteknologi

Menarik Dibaca: Promo Tiket.com Hotel RedDoorz di Indonesia 12-18 Okt 2023 dengan Diskon Hingga 40%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru