kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Stabilkan harga, puluhan ton bawang putih dan cabai digelontorkan di Jakarta


Minggu, 09 Februari 2020 / 13:12 WIB
Stabilkan harga, puluhan ton bawang putih dan cabai digelontorkan di Jakarta
ILUSTRASI. Penjualan bawang putih di pasar tradisional, Jakarta Selatan, Kamis (6/2).Sebagai upaya untuk menstabilkan harga bawang putih dan cabai, pemerintah menggelar operasi pasar di Jakarta. KONTAN/Fransiskus Simbolon

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya untuk menstabilkan harga bawang putih dan cabai di Jakarta, pemerintah menggelar operasi pasar dengan mendistribusikan 20 ton bawang putih dan 10 ton cabai di 22 pasar di Jakarta.

Operasi pasar ini digelar oleh Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Food Station dan PD Pasar Jaya. 10 ton cabai yang didistribusikan tersebut berasal dari Kementan, dan 20 ton bawang putih berasal dari Food Station.

Baca Juga: Cegah perlambatan konsumsi rumah tangga untuk jaga pertumbuhan ekonomi kuartal I-2020

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi berpendapat, adanya kenaikan harga di pasar tradisional harus segera direspon sehingga harga bisa kembali stabil.

"Hari ini kita bersama-sama mengamankan pasokan dan harga untuk keperluan rumah tangga di DKI Jakarta. Setidaknya ada 20 ton bawang putih yang kita distribusikan ke pasar tradisional dengan harga Rp 30 ribu per kilo," ujar Agung dalam keterangan tertulis, Minggu (9/2).

Agung membeberkan, harga cabai rawit di berbagai pasar di Jakarta sudah berangsur turun menjadi Rp 70.000 per kg dari sebelumnya yang mendekati Rp 100.000 per kg. Dia menerangkan, harga cabai yang tinggi disebabkan faktor cuaca buruk beberapa waktu lalu.

Agung mengatakan, operasi pasar ini tidak akan berhenti sebelum harga cabai turun menjadi Rp 50.000 per kg. Dia juga  memastikan apa yang dijual di operasi pasar ini memiliki kualitas yang baik, mengingat barang tersebut didatangkan langsung dari petani di Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Sumatera barat.

Baca Juga: Stabilkan harga, Kementan gelontorkan cabai di enam pasar DKI

Sebagai informasi, operasi pasar ini digelar di 22 pasar yakni Pasar Pulo Gadung, Pasar Johar Baru, Pasar Tebet barat, Pasar Koja Baru, Pasar Petojo Ilir, Pasar Gondangdia, Pasar Pondok Labu, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Kelapa Gading, Pasar Cijantung, Pasar Kramat Jati, Pasar Pasar Minggu, Pasar Kebayoran lama.

Ada juga di Pasar Tomang Barat, Pasar Palmerah, Pasar Glodok, Pasar Jatinegara, Pasar Klender SS, Pasar Senen, Pasar Tanah Abang, Pasar Anyer Bahari, dan Pasar Metro Atom.




TERBARU

Close [X]
×