Status awas Gunung Agung hanya 10 kilometer

Jumat, 22 Desember 2017 | 19:45 WIB   Reporter: Febrina Ratna Iskana
Status awas Gunung Agung hanya 10 kilometer


STATUS GUNUNG AGUNG - JAKARTA. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan menegaskan kepada semua pihak bahwa status Bali secara umum aman. Status awas hanya di radius 8 kilometer (km) hingga 10 km dari kawah Gunung Agung di Karang Asem yang jaraknya sekitar 60 km dari Denpasar.

Menurut Jonan persepsi bahwa status awas untuk keseluruhan Bali harus diluruskan karena itu tidak benar karena status awas itu hanya menimpa sebagian kecil dari Bali. "Status awas ini hanya berlaku pada radius 8 km hingga 10 Km dari kawah Gunung Agung,” ujar Jonan saat kunjungan kerja meninjau Pos Pengamatan Gunung Agung di Kecamatan Karang Asem Bali pada Junat (22/12).

Jonan pun menegaskan masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung dan berwisata di luar radius 8-10 km dari kawah Gunung Agung masih dalan jarak sangat aman. "Masyarakat atau wisatawan yang mengadakan kegiatan di Pulau Bali tidak perlu khawatir kalau diluar radius itu karena kondisinya aman saja," jelas Jonan.

Badan Geologi, Kementerian ESDM akan terus melakukan pemantauan terkait aktivitas vulkanik Gunung Agung dan akan menetapkan status sesuai dengan informasi dan data yang terekam dari peralatan yang ada. Badan Geologi konsisten terkait status Gunung Agung sesuai dengan yang terekam oleh alat-alat yang digunakan. Begitu pula dengan batas radius aman yang ditetapkan akan menyesuaikan dengan status Gunung Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru