Status Gunung Merapi siaga, warga rentan di Klaten mulai dievakuasi

Minggu, 08 November 2020 | 11:37 WIB Sumber: Kompas.com
Status Gunung Merapi siaga, warga rentan di Klaten mulai dievakuasi

ILUSTRASI. Gunung Merapi


GUNUNG - JAKARTA. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah sudah mulai mengevakuasi warga kelompok rentan di lereng Gunung Merapi ke tempat evakuasi sementara. 

Evakuasi kelompok rentan yaitu anak-anak, wanita hamil, dan lansia dimulai pada Sabtu (7/11) di dua desa Kecamatan Kemalang, yakni Tegalmulyo dan Balerante. 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten kelompok rentan yang sudah dievakuasi sampai Sabtu malam total ada 150 orang. 

"Untuk total (kelompok rentan) yang sudah dievakuasi sampai kemarin malam itu terdata 150 orang," kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Klaten, Sip Anwar dihubungi Kompas.com, Minggu (8/11). 

Baca Juga: Status Merapi siaga, destinasi wisata yang berjarak 5 Km dari Puncak ditutup

Evakuasi kelompok rentan ini diprioritaskan karena jika dilaksanakan ketika kondisi darurat akan berisiko.  Kendati demikian, lanjut Sip Anwar, semua warga di kawasan rawan bencana akan dievakuasi ke tempat pengungsian sementara jika terjadi erupsi Gunung Merapi. 

"Prinsip saya mengedepankan persuasif kepada warga masyarakat. Harapan kita iya bisa kita ajak untuk turun karena keselamatan itu yang utama," ujar dia. 

Tempat evakuasi sementara di Desa Balerante dilakukan di Kantor Desa Balerante karena lokasi itu berjarak sekitar 9 kilometer sehingga jarak aman dari Merapi. "Tempat evakuasi Tegalmulyo di depan Bale Desa Tegalmulyo itu jaraknya sekitar 6-7 kilometer dari Merapi. Tapi di sini merupakan titik akan dari Merapi," ungkap dia. 

Sebelumnya diberitakan, kelompok rentan menjadi prioritas evakuasi jika Gunung Merapi meletus. Hal tersebut disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko saat meninjau tempat evakuasi sementara di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jumat (6/11). 

Untuk diketahui, status Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditingkatkan dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). "Evakuasi khusus kelompok rentan dulu. Sehingga pada saat kejadian pun sudah tidak harus berpikir itu," kata Sujarwanto. (Labib Zamani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Status Gunung Merapi Siaga, Warga Rentan di Klaten Mulai Dievakuasi".

 

Selanjutnya: Merapi siaga, BPBD Kabupaten Magelang evakuasi 607 warga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru