Peristiwa

Status Gunung Slamet Naik Jadi Level Waspada

Kamis, 19 Oktober 2023 | 13:43 WIB Sumber: Kompas.com
Status Gunung Slamet Naik Jadi Level Waspada

ILUSTRASI. PVMBG meningkatkan status Gunung Slamet dari level I (normal) menjadi level II (waspada). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/ed/ama/14


ERUPSI GUNUNG - BANYUMAS. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Slamet dari level I (normal) menjadi level II (waspada).

"Iya benar (status Gunung Slamet naik jadi waspada)," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Budi Nugroho, ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat, pada Kamis (19/10/2023).

Menurut Budi, peningkatan status Gunung Slamet ini tertuang dalam surat dari PVMBG Nomor 458.Lap/GL.03/BGV/2023 tertanggal 19 Oktober 2023.

Baca Juga: Tips Menyelamatkan Diri Jika Ada Gempa Bumi Saat di Dalam Kendaraan

Dalam surat tersebut disebutkan berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Slamet.

Sehingga, tingkat aktivitas Gunung Api Slamet dinaikkan dari level I (normal) ke level ll (waspada), terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB.

Dalam tingkat aktivitas level I, masyarakat dan wisatawan tidak berada atau beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah puncak Gunung Slamet.

Baca Juga: Ada Gunung Merapi di Planet Venus, Intip Aktivitas Vulkaniknya

Pemantauan secara intensif tetap dilakukan guna mengevaluasi kegiatan Gunung Slamet oleh PVMBG.

Masyarakat di sekitar Gunung Slamet diharap tenang, tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggungjawab mengenai aktivitas Gunung Slamet dan agar mengikuti arahan dari BPBD.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Status Gunung Slamet Naik Jadi Waspada"

Selanjutnya: Pertumbuhan Digital Lending Bank Raya Melejit 200%, Begini Strateginya

Menarik Dibaca: Resep Koktail Buah Hawaii Non Alkohol yang Segarkan Panas di Siang Bolong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru