Nusantara

Status tanggap darurat banjir di Banjarmasin diperpanjang dua pekan

Jumat, 12 Februari 2021 | 17:31 WIB Sumber: Kompas.com
Status tanggap darurat banjir di Banjarmasin diperpanjang dua pekan

ILUSTRASI. Anggota TNI AD memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (26/1/2021).

KONTAN.CO.ID - BANJARMASIN. Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali memperpanjang status tanggap darurat banjir selama dua pekan ke depan. Pj Sekretaris Daerah Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, perpanjangan status tanggap darurat banjir didasari masih ada sebagian wilayah yang masih tergenang banjir.

"Status tanggap darurat diperpanjang hal ini dilakukan karena ada beberapa titik-titik lokasi masih mengalami banjir," ujar Mukhyar, dalam keterangan yang diterima, Jumat (12/2). Mukhyar mengungkapkan, Kecamatan Banjarmasin Timur dan Kecamatan Banjarmasin Selatan masih menjadi prioritas penanganan banjir.

Sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya, penanganannya sudah masuk pemulihan pasca banjir. Selain masih terdapat wilayah yang tergenang, Mukhyar juga mengatakan jika perpanjangan masa tanggap bencana banjir tersebut berdasarkan pertimbangan pemulihan pasca banjir.

Baca Juga: Tips mengemudi aman di jalan tol: Antisipasi jalan rusak dan banjir

Kemudian, alasan lain dari status tanggap darurat diperpanjang karena berdasarkan laporan dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Banjarmasin, masih berpotensi mengalami intensitas hujan yang cukup tinggi. "Berdasarkan laporan dari BMKG, wilayah kota Banjarmasin curah hujannya cukup tinggi, sehingga kami perpanjang status tanggap darurat," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Status Tanggap Darurat Banjir di Banjarmasin Diperpanjang 2 Pekan, Ini Penyebabnya.
Penulis: Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar
Editor: Robertus Belarminus

Baca Juga: BI: Penjualan eceran Januari 2021 turun karena PPKM

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru